Cara Mengatasi Gangguan Telinga Akibat Kotoran

cara mengatasi gangguan telinga

Telinga manusia memiliki peran penting sebagai alat pendengaran dan salah satu sistem keseimbangan tubuh. Jika telinga mengalami gangguan maka hal ini akan berpengaruh pada menurunnya keseimbangan tubuh manusia. Selain itu, kemungkinan sangat besar akan adanya penurunan kemampuan pendengaran hingga berbagai gangguan pendengaran lainnya. Gangguan pendengaran sendiri seringkali dikaitkan dengan umur lansia. Padahal gangguan pendengaran bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja mulai dari anak-anak hingga lansia. Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan telinga yang benar? Yuk, simak ulasan berikut bersama Klinik Pendengaran Depok untuk mengetahui jawabannya!

Kotoran Telinga

Masalah atau gangguan pada telinga dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kotoran telinga. Terdapat dua jenis kotoran telinga yang perlu anda tahu yaitu kotoran telinga kering serta kotoran telinga basah. Kotoran telinga ini seringkali dinamakan sebagai serumen. Serumen sebenarnya memiliki fungsi dan berperan penting terhadap telinga. Ia memiliki fungsi untuk mencegah adanya benda asing yang masuk ke dalam telinga. Meski ia memiliki fungsi dan peran yang cukup penting dalam sistem pendengaran, keberadaannya yang berlebihan juga akan menimbulkan masalah. Penumpukan kotoran telinga yang terlalu lama berada di dalam saluran telinga bisa mengganggu pendengaran kita.

Saluran telinga yang sempit dan berambut, kebiasaan menggunakan earphone, cotton swabs serta benda asing lainnya dapat menyebabkan penumpukan kotoran telinga kering. Maka dari itu untuk mengatasinya anda perlu menghindari penggunaan alat atau benda untuk membersihkan telinga. Anda bisa membersihkan telinga dengan menggunakan bantuan cairan yang disarankan oleh ahli.

Mengenali Gangguan Akibat Kotoran Telinga Kering yang Menumpuk

Terdapat beberapa gejala yang akan anda rasakan jika kotoran telinga telah menumpuk di telinga anda. Beberapa gejala yang akan timbul adalah seperti rasa tidak nyaman, telinga terasa penuh sehingga merasa ada yang mengganjal. Selain itu, terdapat pula berbagai macam gangguan telinga yang bisa muncul karena adanya penumpukan kotoran telinga secara berlebihan. Adapun gangguan-gangguan tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  6 Sebab Kehilangan Pendengaran

Menurunnya Kemampuan Pendengaran

Adanya penumpukan kotoran telinga tentu bisa membuat saluran telinga tersumbat karena kotoran yang ada. Hal ini bisa membuat kemampuan pendengaran seseorang menurun. Selain itu, adanya penumpukan kotoran telinga juga bisa membuat telinga mengalami tinnitus atau berdenging.

Infeksi dan Iritasi

Kotoran telinga kering yang dibiarkan tanpa adanya penanganan lebih lanjut akan memicu gangguan lain yaitu terjadinya infeksi serta pertumbuhan bakteri di area tersebut. Dalam melakukan pembersihan kotoran telinga kering anda juga harus berhati-hati. Kesalahan dalam melakukan pembersihan kotoran telinga bisa membuat telinga iritasi hingga adanya luka serta pendarahan. Pembersihan tidak tepat yang kami maksud adalah penggunaan benda asing, cotton bud dan alat lain yang bisa menggores kulit serta membuat kotoran justru masuk lebih dalam.

Mengalami Kesulitan Saat Melakukan Pemeriksaan Telinga

Selanjutnya hal lain yang menjadi masalah ketika ada penumpukan kotoran telinga adalah akan membuat dokter mengalami kesulitan ketika anda sedang melakukan pemeriksaan telinga. Mungkin saja anda memiliki gangguan telinga dan ingin melakukan pemeriksaan ke dokter. Namun, dengan adanya kotoran telinga yang menumpuk ini maka bisa membuat dokter justru mengalami kesulitan dalam pemeriksaan dan mendiagnosis penyakit yang anda alami. Kotoran telinga mampu menghalangi dokter untuk memeriksa telinga bagian dalam.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Menumpuk Dengan Benar

Membersihkan kotoran telinga tidak bisa anda lakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan dengan ketidakhati-hatian niat untuk membersihkan kotoran telinga justru bisa memperburuk kondisi telinga. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gangguan telinga akibat kotoran telinga yang bisa anda gunakan dan aplikasikan:

  1. Yang pertama anda bisa menggunakan obat tetes alami pada telinga. Obat tetes alami yang bisa anda gunakan diantaranya adalah minyak zaitun, air garam serta minyak kelapa. Cairan tersebut bisa membantu anda untuk membuat kotoran telinga yang kering menjadi lebih lunak. Sehingga ia akan lebih mudah dikeluarkan.
  2. Kedua, anda bisa menggunakan obat tetes telinga yang terjual di apotek. Beberapa di antaranya ialah natrium bikarbonat, asam asetat serta hydrogen peroksida. Cairan-cairan tersebut juga berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga anda.
  3. Apabila anda sudah melakukan dua hal di atas namun tetap tidak membuahkan hasil, maka selanjutnya anda bisa memutuskan untuk pergi ke dokter atau ahlinya. Dokter biasanya akan melakukan irigasi telinga yang berfungsi untuk membilas kotoran telinga kering. Bagi anda yang memiliki cedera ataupun gangguan di gendang telinga maka anda tidak bisa menggunakan cara ini.
Baca Juga :  Mengenal Bagaimana Proses Mendengar Bunyi

Pelunakan kotoran telinga memang membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu lebih dari satu hari. Sehingga tentu anda harus meneteskan obat tetes telinga secara rutin supaya kotoran telinga anda yang keras menjadi lebih lunak dan bisa di keluarkan. Anda harus menghindari untuk melakukan pembersihan kotoran telinga dengan cara menariknya menggunakan benda tertentu ke dalam telinga. Penggunaan ear candle juga perlu anda hindari karena ia bisa menimbulkan cedera hingga rasa terbakar.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi gangguan telinga karena kotoran telinga yang bisa kami bagikan pada anda. Bagi anda yang membutuhkan bantuan terkait dengan pembersihan kotoran telinga maka anda bisa meminta konsultasi serta bantuan penanganan di Hearing Center Depok.