Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

cara membersihkan telinga

Selain kuku yang harus di rawat dan di bersihkan, organ tubuh lain yang penting perawatannya adalah telinga. Jika kuku dibersihkan karena alasan keindahan serta kesehatan maka telinga sebenarnya hanya masalah kesehatan saja. Namun, masalah yang timbul karena telinga yang tidak dibersihkan atau cara membersihkan telinga yang salah bisa menjadi sangat fatal. Mulai dari gangguan pendengaran ringan hingga kehilangan pendengaran. Kotoran telinga sebenarnya merupakan zat alami yang bisa memberikan perlindungan terhadap kotoran serta bakteri. Fungsi lainnya adalah untuk membuat kulit saluran telinga menjadi lembab serta mencegah telinga mengalami gatal dan kering. Sebenarnya kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya melalui saluran telinga dengan adanya gerakan rahang yang teratur ketika berbicara atau mengunyah. Akan tetapi dalam beberapa kasus adanya kotoran yang berlebihan ini bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit, tekanan, gangguan pendengaran serta tidak enak di pandang. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara membersihkan telinga yang bisa Hearing Center Jakarta berikan untuk anda!

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

Untuk membersihkan telinga seringkali kita menggunakan cotton bud ataupun Q-Tips. Banyak yang mengira bahwa alat ini sangat baik untuk digunakan sebagai alat pembersih telinga, padahal tidak demikian. Gendang telinga bisa saja tertusuk atau kotoran telinga semakin masuk ke dalam karena adanya dorongan dari alat-alat ini. Penyeka kapas ini memiliki resiko bahaya yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya untuk saluran telinga. Jenis perangkat lain yang tidak selayaknya untuk digunakan ialah seperti jepit rambut, pinset, pena atau pensil, sedotan dank lip kertas. Meski dalam kondisi saluran telinga gatal anda juga tidak diperbolehkan memasukkan alat ini ke dalam telinga. Menurut berbagai penelitian terhadap aturan bahwa tidak boleh ada benda yang lebih kecil dari jari yang masuk ke dalam telinga kecuali dilakukan oleh dokter.

Baca Juga :  5 Tips Untuk Tes Pendengaran

Cara Membersihkan Telinga

Jika anda ingin membersihkan telinga dengan aman ketika di rumah maka anda bisa melakukan langkah berikut ini:

  1. Pertama tuangkanlah air bersih yang hangan ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkanlah dengan beberapa tetes hydrogen peroksida apabila anda mau menggunakannya. Tidak disarankan untuk menggunakan air yang panas atau dingin karena bisa merangsang adanya sistem vestibular serta bisa menyebabkan pusing.
  2. Letakkan handuk anda di bawah telinga yang akan dibersihkan supaya air tidak berantakan.
  3. Isilah spuit bulm atau kantong plastik/botol yang telah di lubangi dengan jarum di bagian bawah dengan air yang sudah tersedia di mangkuk.
  4. Selanjutnya menggunakan tangan yang berlawanan dari telinga yang dibersihkan, raihlah ke bagian belakang kepala anda. Kemudian tariklah telinga anda menuju sedikit ke belakang serta ke atas.
  5. Pada tangan yang lain gunakanlah untuk menekan spuit atau spuit darurat sehingga air bisa menyembur ke dalam telinga dengan adanya tekanan yang stabil.
  6. Ulangilah aktifitas di atas hingga kotoran telinganya keluar. Apabila anda telah melakukannya lebih dari lima menit atau anda mulai merasa sakit serta pusing maka anda bisa menghentikan aktifitas ini.
  7. Jika anda mau anda bisa menggunakan beberapa tes alkohol gosok di telinga anda. Hal ini berfungsi untuk mengeringkan adanya air yang berlebihan.

Itulah cara membersihkan telinga yang kami rekomendasikan.

Cara Membersihkan Telinga Menggunakan Bahan Di Sekitar

Penumpukan kotoran telinga bisa mempengaruhi pendengaran serta keseimbangan tubuh. Sehingga anda memerlukan cara membersihkan telinga yang mudah dan benar. Adapun beberapa faktor penyebab dari telinga tersumbat cukup beragam. Contohnya adalah kotoran telinga berlebih, infeksi virus serta bakteri, benda asing yang sengaja atau tidak masuk ke telinga serta berbagai faktor lainnya. Tanda bahwa telinga kita bermasalah adalah adanya gejala telinga terasa sakit, muncul suara berdenging, batuk, pusing serta adanya penurunan kemampuan pendengaran. Berikut kami sajikan cara membersihkan telinga yang bisa anda lakukan di rumah dengan bahan yang ada di sekitar.

Baca Juga :  Penjualan Baterai dan Perlengkapan Alat Bantu Dengar Depok

a.       Kompres Hangat

Cara paling sederhana untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan kompres yang hangat. Adanya uap panas yang keluar dari kompres ini bisa membuat kotoran telinga melunak sehingga menjadi mudah untuk di keluarkan. Anda bisa mengompres telinga minimal selama lima menit. Lakukan hal tersebut selama dua hingga tiga kali sehari supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

b.      Tea Tree Oil

Cara kedua yang bisa anda gunakan adalah menggunakan tea tree oil. Apabila anda memiliki produk ini maka anda bisa menggunakannya untuk membersihkan kotoran telinga. Minyak ini merupakan minyak yang mengandung antiinflamasi serta antimikroba yang bisa mencegah terjadinya infeksi baik virus, bakteri serta jenis kuman lainnya. Untuk menggunakannya anda bisa mencampur empat hingga lima tetes tea tree oil ke dalam wadah yang mengandung air hangat. Kemudian telinga yang sedang bermasalah bisa anda hadapkan ke wadah tersebut selama 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakan penutup kepala dengan handuk atau kain lebar agar uap yang keluar bisa masuk ke dalam telinga dengan maksimal.

Itulah informasi tentang cara membersihkan kotoran telinga yang bisa kami bagikan. Jangan lupa untuk selalu membaca informasi kesehatan telinga hanya di AQM-HearingCenter.com. Bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai kesehatan telinga jangan ragu untuk mengunjungi Hearing Center Jakarta yaa!