Berapa Harga Alat Bantu Dengar? Simak Penjelasan Berikut

harga alat bantu dengar

Hilangnya pendengaran bisa terjadi tiba-tiba dan dialami oleh siapa saja. Hal ini dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang, khususnya saat bersosialisasi di masyarakat. Tak jarang orang dengan gangguan pendengaran memilih untuk mengisolasi diri karena merasa takut. Padahal, menyendiri terlalu lama tentu berdampak buruk bagi kesehatan psiskis. Sebab, ada risiko depresi yang mungkin terjadi pada si penderita. Jika sudah depresi maka semuanya pun menjadi lebih rumit.

Sebenarnya, ada solusi yang ampuh untuk mengatasi gangguan pendengaran. Caranya adalah dengan menggunakan alat bantu dengar yang sekarang bisa didapatkan dengan mudah. Jenis dan pilihannya pun cukup variatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa alat bantu dengar yang cukup populer antara lain adalah alat di belakang telinga (BTE), receiver di dalam telinga (RIC), dan alat yang semuanya ada di dalam liang telinga (CIC). Tiap jenis punya bentuk dan harga yang berbeda.

Nah sebelum Anda membelinya, tentu harus tahu dulu berapa harga alat bantu dengar yang beredar di pasaran. Untuk penjelasannya akan kami paparkan di bawah ini:

Harga Alat Bantu Dengar BTE

Alat bantu dengar BTE (behind the ear) menjadi pilihan yang cukup populer di masyarakat. Cara pakainya adalah dengan mengaitkan alat di bagian belakang telinga, dan menghubungkan speaker ke bagian saluran dalam telinga.

Alat ini cocok untuk penyandang gejala gangguan pendengaran ringan hingga berat. Namun, karena dikaitkan di telinga, alat ini kurang cocok dipakai oleh pengguna kaca mata.

Anda bisa mendapatkan alat bantu dengar BTE mulai dari satu jutaan saja. Harga ini tergolong murah dan masih sangat terjangkau. Dengan harga yag murah, Anda bisa kembali berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus merasa minder.

Baca Juga :  4 Tanda Anda Membutuhkan Alat Bantu Dengar

Harga Alat Bantu Dengar RIC

Alat bantu dengar RIC (receiver in canal) memiliki bentuk seperti BTE, namun dengan model yang lebih simple dan ramping. Jika alat bantu dengar BTE menggunakan semacam tabung sebagai penyambung receiver, jenis RIC menggunakan kabel kecil yang lebih fleksibel. Jadi jika dibandingkan BTE, alat ini bakal terlihat tidak mencolok dan berlebihan.

Berapa harga alat bantu dengar RIC? Alat bantu dengar RIC umumnya punya harga yang lebih mahal dari jenis BTE. Harga yang umum dipasarkan adalah sekitar 10 jutaan saja. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan suara yang lebih natural, tanpa noise dan dengan alat yang sudah anti air. Ukuran yang kecil pun tidak terlalu mengganggu pendengaran Anda.

Harga Alat Bantu Dengar ITE

Jika ingin alat bantu dengar yang lebih murah namun dengan bentuk yang simple, maka pilihannya adalah jenis ITE (in the canal). Alat bantu dengar ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 3 jutaan saja. Bentuknya terbilang kecil, dan bisa disembunyikan di dalam telinga Anda. Sehingga, beberapa orang mungkin tidak menyadarinya meskipun Anda sedang memakainya.

Keunggulan dari tipe ITE adalah bentuknya yang kecil sehingga menjaga kerahasiaan penggunanya. Selain itu, bagi pengguna kaca mata, jenis ini tidak akan terlalu berpengaruh. Dengan harga mulai dari 3 jutaan, alat ini cocok digunakan oleh penderita gangguan pendengaran 40-70dB.

Jadi, Pilih BTE, RIC atau ITE?

Sebelum Anda menentukan pilihan, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama, sesuaikan dulu budget yang Anda miliki. Jika budget tidak terlalu banyak, maka bisa memilih jenis BTR atau ITE. Kedua tipe ini memiliki harga yang cenderung masih terjangkau. Sebaliknya, bila ingin dapat pengalaman mendengar yang lebih natural, maka boleh memilih jenis RIC.

Baca Juga :  Gendang Telinga Pecah dan Penangannya

Menyesuaikan dengan selera juga tidak menjadi masalah. Beberapa orang mungkin tidak menyukai sesuatu yang mencolok. Sehingga, pilihan terbaiknya adalah ITE. Atau, bagi yang tidak mempermasalahkan penampilan, ketiga jenis atau tipe bisa dipilih. Semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan selera masing-masing.

Setelah mengetahui Berapa harga alat bantu dengar dari masing-masing tipe, Anda tinggal membelinya di pusat alat kesehatan. AQM Hearing Center adalah pusat alat kesehatan yang paling kami rekomendasikan. Klinik ini cukup berpengalaman dalam menjual produk-produk alat bantu dengar, dan memiliki tenaga ahli yang bisa diandalkan. Penawaran harganya cukup menarik, beserta promo-promo yang selalu diberikan. Jaminan barang berkualitas juga akan Anda dapatkan, di mana setiap produknya memiliki masa garansi yang cukup panjang.