Apakah Alat Bantu Dengar Aman Bagi Kesehatan? Ketahui Jawabannya Disini!

Apakah Alat Bantu Dengar Aman Bagi Kesehatan

Apakah alat bantu dengar aman bagi kesehatan? Pertanyaan tersebut sering muncul dan dipertanyakan. Banyak yang menunda untuk menggunakan ABD karena takut tidak nyaman, mengganggu kesehatan dan mengganggu penampilan. Alat bantu dengar sendiri adalah alat yang digunakan pengguna untuk mendengar dan menguatkan bunyi yang ada di sekitar. Selain itu ABD ini akan membantu pengguna lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Saat ini alat bantu dengar lebih modern yang mana dilengkapi dengan baterai masa kini yang bisa diisi ulang. Alat bantu dengar ini tidak akan membuat pengguna terlihat lebih tua. ABD ini memiliki mikrofon kecil yang akan mengumpulkan suara yang ada di sekitarnya. Sura itu kemudian diubah menjadi chip komputer dengan pengeras suara yang mana mengubah bunyi tersebut menjadi kode digital. Kode inilah yang akan dianalisa, setelah itu disesuaikan baru kemudian diubah menjadi gelombang suara ke telinga.

Apa Alat Bantu Dengar Aman?

Yang sering menjadi pertanyaan apakah alat bantu dengar aman bagi kesehatan? ABD bisa jadi aman dan juga tidak aman bagi kesehatan. Alat bantu dengar ini bisa aman jika Anda membelinya di tempat terpercaya, sedangkan alat tersebut menjadi tidak aman jika Anda membelinya di tempat yang tidak terpercaya.  ABD menjadi solusi bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran sehingga keamanannya terjamin. Terlebih lagi alat bantu dengar ini didesain dan dibuat oleh ahlinya sehingga soal keamanan dan kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Jika Anda membelinya di tempat terpercaya seperti klinik pendengaran atau di dokter ahli, alat bantu dengar yang akan Anda dapatkan ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka tidak akan menyarankan alat yang salah dan berbahaya bagi Anda sehingga Anda tidak perlu meragukan keamanan ABD tersebut. Untuk menjamin kenyamanan alat tersebut ada beberapa ABD dibuat secara custom agar sesuai dengan ukuran telinga Anda.

Baca Juga :  5 Hal Penyebab Gendang Telinga Pecah

Untuk mendapatkan alat yang aman dan nyaman, akan dilakukan pengecekan kemampuan mendengar lebih dahulu. Hal itu karena kebutuhan alat bantu dengar satu dengan yang lainnya ini berbeda-beda. Untuk telinga yang rusak ringan dan sedang, tentu membutuhkan ABD dengan kemampuan mikrofon yang berbeda untuk bisa menangkap suara yang ada di sekitarnya.

Apakah alat bantu dengar aman bagi kesehatan? Tentu aman jika Anda membeli di tempat yang kredibel. Di tempat tersebut Anda akan mendapatkan alat bantu dengar yang dibuat dengan bahan yang berkualitas, sangat berbeda dengan alat bantu dengar yang abal-abal dan rekondisi yang mana akan membuat kesehatan Anda menjadi taruhannya. Meski bersentuhan langsung dengan telinga Anda, ABD ini akan tetap aman digunakan.

Efek Samping Positif

Pada dasarnya penggunaan alat bantu dengar ini aman untuk kesehatan Anda selama membelinya di tempat kredibel. Memang harganya akan jauh lebih mahal namun hal itu sesuai dengan fasilitas dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Efek samping dari penggunaan alat bantu dengar ini adalah rasa mengganjal pada telinga selain itu juga rasa gatal. Meski begitu masih banyak efek samping positif yang bisa Anda dapatkan seperti berikut ini:

  1. Kemampuan Mendengar Meningkat

Efek samping yang pertama adalah kemampuan mendengar meningkat. Dengan menggunakan alat bantu dengar ini pendengaran akan bisa meningkat sampai berkali-kali lipat dibandingkan tanpa menggunakan alat pendengaran. Anda bisa berkonsultasi dengan klinik atau tenaga ahli untuk bisa mendapatkan alat pendengaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Penurunan Kognitif yang Lebih Lambat

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa gangguan pendengaran yang tidak diobati atau diatasi bisa meningkatkan resiko demensia dan menurunkan fungsi kognitif. Penurunan tersebut akan tampak lebih besar bagi mereka yang tidak memakai alat bantu dengar untuk mengurangi gangguan pendengaran. Studi juga membuktikan bahwa gangguan pendengaran bisa mempercepat atrofi di area pendengaran otak. Hal ini bisa membuat pemahaman bicara jadi lebih sulit. Dengan menggunakan alat bantu dengar ini atrofi terbukti bisa berkurang.

Baca Juga :  5 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Alat Bantu Pendengaran

Alat bantu dengar sangat penting bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Setelah membaca informasi dalam artikel tersebut kini Anda jadi tahu apakah alat bantu dengar aman bagi kesehatan, agar aman Anda bisa mendapatkan alat bantu dengar di AQM Hearing Center, klinik pendengaran satu ini menyediakan berbagai macam layanan terkait gangguan pendengaran dan alat bantu dengar, Anda juga bisa konsultasi masalah gangguan pendengaran, Anda juga bisa cek kemampuan pendengaran disini, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.