Bagaimana Gangguan Pendengaran Menyebabkan Depresi?

Gangguan Pendengaran Menyebabkan Depresi

Kondisi tubuh yang tidak normal tentu membuat kualitas hidup kita juga bisa berkurang. Salah satu ketidaknormalan anggota tubuh yang membuat kita gelisah adalah ketika kita memiliki gangguan pendengaran. Tidak hanya pendengaran saja yang bisa terganggu, gangguan pendengaran bahkan memiliki banyak sekali efek samping yang tersebunyi. Beberapa diantaraya gangguan pendengaran menyebabkan depresi hingga munculnya kecemasan pada diri kita. Selain itu, dampak fisik yang mungkin saja terjadi adalah meningkatnya resiko anda untuk terjatuh ketika sedang berjalan. Hal ini sangat mungkin karena masalah pendengaran juga bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Ingin tahu bagaimana gangguan pendengaran menyebabkan depresi? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Depok!

Kejadian Umum

Tahukah anda bahwa terdapat penelitian yang berhasil menunjukkan lima persen populasi manusia telah mengalami depresi. Akan tetapi, penderita gangguan pendengaran memiliki angka 11% yang mengalami depresi. Kejadian ini secara umum terjadi pada orang dewasa yang berusia mulai dari 18 hingga 69 tahun. Jika anda adalah mengalami gangguan pendengaran serta sekaligus mengalami depresi maka anda harus segera mendapatkan bantuan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memahami kaitannya serta mengetahui tanda gangguan pendengaran serta depresi. Hal ini sangat penting sehingga tidak boleh anda lewatkan jika anda tidak ingin terkena dampak atau efek samping yang buruk lainnya.

Pahami Kaitannya

Hal pertama yang harus kita pahami adalah mengenai kaitannya. Gangguan pendengaran ini adalah masalah yang cukup serius yang bisa memengaruhi percakapan yang sedang anda lakukan. Anda mungkin akan cukup kesulitan untuk mendengarkan orang lain berbicara apalagi jika anda berbicara di lokasi yang cukup ramai. Anda harus bekerja keras untuk bisa mendengarkan dan akhirnya anda bisa frustasi karena tak kunjung bisa mendengarkan ucapan rekan anda. Mungkin juga anda akan merasa terisolasi secara sosial. Inilah yang bisa menyebabkan anda mengalami depresi.

Baca Juga :  Awas, Kotoran Telinga Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran yang Fatal

Untuk mengatasi masalah ini, Hearing Center Depok menyarankan anda untuk menggunakan alat bantu dengar yang bisa mengatasi gangguan pendengaran anda. Mungkin bukan mengobati, namun akan memudahkan anda untuk bisa mendengarkan dengan lebih baik. Tentu hal ini juga bisa membantu anda mengurangi atau meredakan depresi.

Ketahui Tanda-Tandanya

Anda perlu mengetahui dan mengidentifikasi setiap tanda-tanda gangguan pendengaran serta depresi yang sedang anda alami. Hal ini bisa membantu anda untuk menemukan pengobatan seperti apa yang tepat untuk kondisi anda. Terdapat banyak sekali tanda yang harus anda waspadai yag berkaitan dengan masalah pendengaran. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Sering menaikkan volume TV atau radio sehingga lebih keras dari biasanya
  2. Cukup sering meminta orang lain untuk mengulangi perkataannya ketika berbicara dengan anda
  3. Seringkali merasa kesulitan untuk mengikuti percakapan ketika berada di tempat ramai atau area yang penuh kebisingan

Jika anda mengalami berbagai tanda di atas maka sudah pasti bahwa anda sedang mengalami gangguan pendengaran. Anda bisa memastikan hal ini dengan melakukan tes pendengaran di audiolog kepercayaan anda.

Sedangkan untuk tanda depresi lebih kepada sifat yang pribadi yaitu seperti rasa putus asa, lelah, sulit tidur serta kekurangan motivasi dan kehilangan nafsu makan. Anda juga mungkin akan merasa kesepian hingga depresi dan frustasi.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar bagaimana gangguan pendengaran menyebabkan depresi. Bagi anda yang sedang mengalami masalah pendengaran, jangan lupa untuk mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok!