Penyebab & Pencegahan Telinga Mendengung

Telinga Mendengung

Apakah anda pernah mengalami telinga mendengung secara tiba-tiba? Hampir semua orang pasti pernah mengalami telinga mendengung dimana dalam istilah medis kondisi ini disebut tinnitus. Bagaimana jika anda mengalami ini? Merasa sangat terganggu bukan jika hal ini terus terjadi di hari-hari anda? Hal ini dapat mengusik waktu istirahat yang anda miliki bahkan dapat menimbulkan kegelisahan secara terus-menerus. Biasanya telinga yang mendengung ini dap terjadi dalam durasi waktu yang singkat namun ada pula yang terjadi terus menerus. Volume yang ada pun memiliki tingkat yang berbeda-beda karena disebabkan oleh penyebab yang berbeda-beda pula. Yuk, simak ulasan tentang penyebab telinga mendengung serta cara pencegahannya yang diberikan oleh tim AQM-Hearing Center berikut ini!

Penyebab Telinga Mendengung

Telinga mendengung ialah salah satu gejala dari kondisi akibat penyakit tertentu. Adapun kondisi yang dapat mendasarinya ialah seperti infeksi ataupun sumbatan yang terjadi di dalam telinga, cedera telinga hingga adanya gangguan sistem peredaran darah. Nah, berikut ini merupakan berbagai faktor yang menjadi penyebab telinga anda mendengung.

a.    Paparan Lama Terhadap Suara Kencang

Kasus telinga mendengung biasanya sangat berkaitan erat dengan gangguan pendengaran karena kebisingan (noice-induced hearing loss). Organ telinga di bagian dalam sangat sensitif dengan paparan suara bising atau suara kencang secara terus-menerus dan bisa timbul kerusakan. Orang yang bekerja sebagai kuli bangunan, musisi ataupun pilot sering mengalami kondisi ini. Suara yang sangat keras seperti suara ledakan bom yang meski hanya terdengar satu kali saja juga dapat menyebabkan dengungan di telinga.

b.    Penyumbatan Akibat Kotoran Dalam Telinga

Apakah anda termasuk orang yang malas untuk membersihkan telinga anda secara rutin? Anda harus segera meninggalkan kebiasaan buruk ini jika anda pernah atau sedang mengalami telinga mendengung. Hal ini dikarenakan ketika anda tidak rutin membersihkan telinga, kotoran yang ada didalam telinga ini dapat mengalami kondisi tersumbat. Sumbatan kotoran tersebut atau yang juga dinamakan serumen prop ini dapat menyebabkan iritasi pada gendang telinga. Hal inilah yang dapat menyebabkan telinga anda mengalami dengungan.

c.     Infeksi Telinga

Selain kedua penyebab diatas, penyebab lain dari telinga yang muncul dengungan ini ialah adanya infeksi pada telinga bagian tengah atau sering juga disebut sebagai otitis media. Biasanya ketika infeksi yang ada pada telinga ini mengalami kesembuhan maka gejala berupa telinga mendengung juga akan berangsur pulih. Untuk menangani permasalahan infeksi telinga anda, maka anda perlu berkonsultasi demi mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

d.    Kehilangan Pendengaran Karena Usia Lanjut

Seseorang yang sudah memasuki usia lanjut yaitu mulai umur 60 tahun ke atas memang biasanya mengalami penurunan kemampuan dalam mendengarkan. Hal ini juga disertai dengan telinga yang dapat mendengung secara terus menerus. Kondisi seperti ini sering disebut dengan presbikusis. Presbikusis merupakan kepekaan saraf pendengaran yang dapat berkurang seiring bertambahnya usia.

e.     Menderita Penyakit Tertentu

Telinga mendengung juga dapat disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan lainnya yaitu adanya tumor jinak pada saraf pendengaran, adanya gangguan tulang pendengaran, munculnya penyakit Meniere, penyakit jantung dan pembuluh darah, adanya gangguan pada leher ataupun rahang, tekanan darah tinggi serta adanya cidera pada leher ataupun kepala.

Cara Pencegahan Telinga Yang Mendengung

Ada berbagai  cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya telinga yang mendengung secara terus menerus. Berikut ini merupakan berbagai cara sederhana yang dapat anda lakukan:

  • Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam pencegahan telinga seperti ini ialah anda perlu mengenakan pelindung telinga ketika beraktifitas di dekat sumber suara yang sangat kencang dan nyaring. Lokasi tersebut diantaranya ialah di studio ataupun konser music serta di ruangan dengan mesin yang menyala. Selain itu, hal ini juga perlu anda lakukan jika sedang berada di lokasi konstruksi bangunan.
  • Kedua, anda perlu mengistirahatkan telinga anda setiap satu jam ketika sedang mengenakan earphone untuk mendengarkan music. Anda juga perlu menghindari pemasangan earphone dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Hal yang harus anda perhatikan juga ialah volume earphone itu jangan sampai melebihi 60%.
  • Untuk yang ketiga, anda perlu rutin dalam melakukan olahraga serta mengatur pola makan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Gangguan pada pembuluh darah dapat menyebabkan telinga mendengung secara terus menerus.

Hingga saat ini, kondisi telinga seperti ini biasanya dapat terjadi dengan sendirinya dan juga dapat hilang dengan sendirinya. Namun, bukan berarti kondisi ini dapat anda sepelekan. Banyak juga kasus yang menunjukkan bahwa telinga mendengung dapat berlangsung dalam waktu lama dan terjadi secara terus-menerus. Jika hal ini sudah terjadi secara terus-menerus dan mengganggu anda, maka anda perlu dengan segera ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Bagi anda yang mengalami berbagai masalah kesehatan telinga, anda juga bisa berkonsultasi dengan AQM-Hearing Center. AQM Hearing Center Depok dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan telinga anda. Bagi anda yang membutuhkan alat bantu pendengaran anda juga bisa menemukannya di AQM-Hearing Center.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.