Penurunan Kemampuan Pendengaran dan Cara Menanganinya

penurunan kemampuan pendengaran

Seseorang akan rentan mengalami gangguan pendengaran baik bersifat sementara atau permanen seiring bertambahnya usia. Gangguan pendengaran dapat juga terjadi secara mendadak seperti akibat cedera kepala. Selain itu, mendengarkan musik menggunakan headset setiap hari dengan volume yang kencang juga akan menyebabkan mudahnya mengalami gangguan pendengaran. Berikut ini akan diulas mengenai penurunan kemampuan pendengaran dan cara menanganinya.

Pentingnya Fungsi Telinga

Tak hanya berfungsi untuk mendengar, telinga juga berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan. Namun seiring berjalannya usia, semakin tua, kemampuan fungsi telinga juga akan terus berkurang. Penurunan kemampuan pendengaran merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi kehidupan dalam segala aspek.

Organ telinga merupakan organ yang berperan penting dalam menyediakan informasi bunyi ke otak. Mendengar merupakan sebuah proses yang penting untuk mendukung lancarnya sebuah komunikasi. Secara kasat mata, kita hanya bisa melihat daun telinga saja. Namun kenyataannya, di dalam organ telinga ini terdiri atas beberapa bagian yang berperan penting terhadap proses pendengaran. Bagian-bagian tersebut antara lain: telinga bagian luar (outer ear), telinga bagian tengah (middle ear), dan telinga bagian dalam (inner ear).

Cara Kerja Telinga

Cara kerja telinga merupakan suatu yang sangat kompleks. Pertama, gelombang suara dari udara ditangkap dan dikumpulkan oleh daun telinga kemudian disalurkan melalui liang telinga dan akan sampai ke gendang telinga. Gendang telinga bergetar ketika menerima gelombang suara dari saluran telinga.

Gendang telinga yang bergetar akan menggerakkan tulang pendengaran (maleus, incus, stapes). Ketiga tulang pendengaran akan meningkatkan intensitas getaran dari gelombang suara yang masuk karena selanjutnya akan diteruskan ke dalam koklea..

Pada telinga bagian dalam, gelombang suara yang telah merambat ke dalam cairan koklea ini akan menggerakkan cairan dalam koklea. Gerakan ini akan memberikan stimulus pada saraf dalam koklea. Setelah sel saraf mendeteksi suara, saraf auditori akan melewati jalur di batang otak hingga sampai di korteks auditori. Korteks auditori merupakan pusat pendengaran yang ada di otak. Pada korteks auditori di otak ini, impuls saraf akan terkonversi menjadi informasi yang berupa suara.

Baca Juga :  Makanan Untuk Mencegah Gangguan Pendengaran

Faktor Penyebab Penurunan Kemampuan Pendengaran

Pada umumnya, penurunan kemampuan pendengaran terjadi jika sinyal dari suara tidak sampai ke otak. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan pendengaran, seperti bertambahnya usia, terpapar suara yang keras dalam jangka waktu panjang, bahkan beberapa obat (seperti obat antibiotik, kemoterapi, aspirin, malaria, dan lainnya) juga bisa merusak fungsi pendengaran.

Jenis Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran penyebabnya ada beragam. Jenis gangguan pendengaran berdasarkan penyebabnya yaitu gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural. Gangguan pendengaran konduktif terjadi jika proses penghantaran sinyal suara terganggu akibat adanya gangguan pada bagian-bagian organ telinga bagian luar dan tengah, seperti: kotoran telinga yang menumpuk lalu menyumbat saluran telinga, infeksi telinga, tumor pada telinga bagian luar dan tengah seperti kolesteatoma, gendang telinga robek, kerusakan pada saluran tuba eustachius yang menghubungkan telinga dengan hidung dan tenggorokan, kelainan bentuk telinga seperti mikrotia atau kelainan tulang pendengaran, serta otosklerosis.

Gangguan pendengaran sensorineural terjadi apabila terdapat gangguan pada jalur saraf antara telinga bagian dalam menuju otak atau ketika sel-sel rambut pada rumah siput hilang atau mengalami kerusakan sehingga sinyal suara tidak dapat ditangkap oleh otak. Kondisi yang mempengaruhinya,  seperti: faktor genetik, pukulan atau cedera pada kepala sehingga menyebabkan trauma pada kepala, terpapar suara bising yang cukup keras dalam waktu yang cukup lama, penyakit meniere, menggunaan obat yang memiliki efek samping atau berdampak langsung pada telinga seperti antibiotik aminoglikosida, kemoterapi, dan aspirin dosis tinggi, serta proses penuaan.

Cara Mengatasi Penurunan Kemampuan Pendengaran

Ada beberapa cara untuk mengatasi penurunan kemampuan pendengaran bergantung pada penyebab serta tingkat keparahan gangguan pendengaran yang Anda alami, di antaranya adalah.

Baca Juga :  14 Jenis Penyakit Telinga dan Gejalanya Yang Perlu Kamu Tahu

Pada gangguan pendengaran konduktif, ada beberapa pilihan untuk mengatasi gangguan pendengaran seperti dokter membersihkan kotoran yang menyumbat telinga dengan bantuan minyak untuk mengencerkan kotoran, lalu membuang kotoran tersebut. Selain itu, pengobatan infeksi telinga dengan pemberian antibiotik maupun prosedur operasi gendang telinga (jika terdapat lubang) dapat mengembalikan fungsi pendengaran dengan baik.

Pada gangguan pendengaran sensorineural, kebanyakan bersifat permanen. Tidak dapat diobati secara medis dan dapat mengakibatkan kesulitan membedakan suara dan memahami pembicaraan. Tujuan penanganannya adalah untuk memaksimalkan pendengaran. Cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat bantu dengar. Alat ini akan meningkatkan volume suara yang tertangkap kemudian akan menyalurkannya ke bagian telinga sehingga dapat terdengar dengan lebih jelas. Cara kerjanya adalah dengan  melipatgandakan frekuensi gelombang suara yang tertangkap sehingga suara akan terdengar lebih jelas dan volumenya akan menjadi lebih besar.

Implan koklea merupakan pilihan lain apabila gangguan pendengaran terus memburuk. Berbeda dengan alat bantu dengar yang fungsinya menguatkan suara, implan koklea ini berfungsi untuk menggantikan bagian yang rusak atau tidak berfungsi dari telinga bagian dalam.

Penurunan kemampuan pendengaran merupakan sesuatu yang tidak kita inginkan. Menjaga sistem pendengaran agar tetap berjalan baik sesuai dengan fungsinya merupakan hal yang wajib kita lakukan. AQM Hearing Center merupakan klinik kesehatan spesialis sistem pendengaran, mampu membantu Anda mengatasi berbagai masalah sistem pendengaran. Konsultasi gangguan pendengaran dapat dilakukan di sini. Selain itu AQM Hearing Center juga menyediakan alat bantu dengar dan perlengkapannya. Untuk mengetahui berbagai layanan yang tersedia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.