Otitis Eksterna: Pengertian, Gejala dan Peyebabnya

otitis eksterna

Seluruh anggota tubuh manusia adalah hal yang penting dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu anggota tubuh yang memiliki peranan cukup penting adalah telinga. Telinga memiliki fungsi utama sebagai alat pendengaran. Hampir seluruh tubuh manusia bisa saja mengalami suatu gangguan atau masalah begitu juga dengan telinga. Adapun salah satu penyakit atau gangguan pada telinga adalah Otitis Eksterna. Kali ini tim AQM Hearing Center akan berbagi informasi menarik tentang otitis eksterna. Yuk, simak ulasan berikut untuk informasi lebih lengkap.

Pengertian

Otitis eksterna memiliki pengertian sebagai sebuah infeksi pada saluran telinga bagian luar. Bagian yang diserang biasanya adalah di antara lubang serta gendang telinga. Penyakit otitis eksterna seringkali di sebut sebagai swimmer’s ear karena penyakit ini sangat sering terjadi pada seorang perenang. Hal ini disebabkan karena orang yang berenang sangat memicu adanya air yang masuk ke dalam telinga hingga menyebabkan otitis eksterna.

Gejala

Berikut ini merupakan gejala yang biasanya timbul pada seseorang yang menderita otitis eksterna:

  • Munculnya rasa gatal serta kemerahan pada liang telinga
  • Terdapat cairan yang bening dan tidak berbau seperti nanah dari dalam telinga
  • Ketika tonjolan yang ada di lubang telinga atau tragus ditekan atau daun telinganya ditarik maka akan muncul rasa nyeri pada penderita
  • Munculnya rasa sesak atau penuh pada liang telinga serta seperti tersumbat akibat adanya pembengkakan. Ketersumbatan tersebut juga bisa disebabkan karena cairan dan kotoran yang ada di telinga terlalu banyak.
  • Kemampuan mendengar seorang penderita akan menurun
  • Rasa gatal yang sudah muncul sebelumnya akan semakin meningkat dan memburuk
  • Telinga mengalami pembengkakan serta kemerahan
  • Nyeri yang ada di telinga bisa mengalami penjalaran hingga ke wajah, leher hingga kepala
  • Terdapat pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi di area leher
  • Penderita mengalami demam
  • Liang pada telinga tersumbat secara total

Penyebab

Di awal artikel sudah disebutkan bahwa seorang perenang akan sangat beresiko mengalami penyakit otitis eksterna karena kegiatannya yang selalu bersama dengan air. Air yang ada di kolam renang bisa secara tidak sengaja masuk ke dalam telinga hingga menyebabkan infeksi. Biasanya air yang masuk dan menyebabkan penyakit ini muncul adalah air yang tidak bisa segera keluar dari liang telinga. Hal tersebut adalah salah satu contoh saja. Sebenarnya, secara umum penyakit otitis eksterna disebabkan oleh adanya infeksi dari suatu bakteri yang bernama Staphylococcus aureus ataupun Pseudomonas aeruginosa. Bakteri yang telah disebutkan di atas bisa masuk dan berkembang di dalam telinga karena disebabkan oleh berbagai hal sebagai berikut:

Faktor-Faktor Yang Memicu Otitis Eksterna

Berikut ini kami sajikan pula berbagai faktor yang bisa meningkatkan resiko serta memicu seseorang untuk mengalami penyakit otitis eksterna:

  1. Melakukan kegiatan berenang di tempat yang banyak bakteri. Contoh tempat-tempat yang berkemungkinan besar untuk memiliki bakteri yang banyak adalah danau, pantai atau laut bahkan kolam renang. Kolam renang yang tidak terawat biasanya memiliki banyak bakteri yang jahat. Bagi anda yang gemar berenang di kolam renang, ada baiknya jika anda melakukan perawatan kolam renang secara rutin dan terjadwal. Hal ini penting agar kolam renang anda bebas bakteri, virus, dan individu lain yang tidak diinginkan.
  2. Bentuk saluran telinga ternyata juga bisa memicu adanya otitis eksterna. Seseorang yang memiliki bentuk saluran telinga yang sempit biasanya memiliki kecenderungan untuk kemasukan air yang mana air tersebut terjebak di dalam telinga dan susah di keluarkan.
  3. Ketika melakukan pembersihan pada telinga anda, maka ada baiknya jika anda membersihkan dengan perlahan. Anda juga harus menjadwalkan kapan anda harus membersihkan telinga. Jangan melakukan pembersihan telinga terlalu sering atau bahkan dengan cara yang terlalu keras. Hal ini di karenakan ketika anda membersihkannya terlalu sering dan menggunakan cara yang kasar maka bisa jadi hal tersebut akan memunculkan goresan atau luka di bagian dalam telinga. Anda bisa membersihkan telinga anda dengan perlahan sehingga tidak menimbulkan goresan pada telinga anda.
  4. Hal ke empat yang bisa memicu adanya otitis eksterna ialah ketika anda menggunakan sebuah alah bantu dengar seperti earbuds.
  5. Bagi anda yang sudah menderita alergi ataupun sebuah iritasi pada kulit, anda harus berhati-hati. Karena alergi tersebut juga bisa menyerang telinga mengingat telinga manusia juga dilindungi oleh kulitnya.

Pencegahan dan Pengobatan

Sebagai sebuah pencegahan agar kita bisa terhindar dari penyakit otitis eksterna adalah dengan menghindari segala penyebab serta faktor apa saja yang bisa memicu penyakit tersebut muncul. Sebisa mungkin untuk menerapkan kebersihan yang tinggi. Bagi anda yang merasakan gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, anda bisa menghubungi dokter dengan segera. Jangan sampai menunggu keadaanya semakin memburuk karena hal ini akan menimbulkan keadaan yang lebih serius. Jika anda dengan segera menjalani pemeriksaan serta pengobatan, maka hal ini dapat meminimalisir resiko adanya sebuah komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Itulah informasi mengenai pengertian, gejala, penyebab, faktor yang meningkatkan resiko serta pencegahan dan pengobatan yang bisa dilakukan. Bagi anda yang membutuhkan Konsultasi Gangguan Pendengaran anda dapat menghubungi kami Hearing Center Jakarta, kami memiliki berbagai layanan terkait dengan gangguan pendengaran kami juga melayani penjualan alat bantu dengar yang dapat anda manfaatkan untuk membantu memperbaiki pendengaran anda. Segera hubungi kami di Klinik Pendengaran Jakarta untuk mendapatkan pelayanan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.