Pemasangan Alat Bantu Dengar Depok

tes audiometri

Pemasangan alat bantu dengar bagi Anda yang baru pertama kali memakainya pastinya agak bingung. Untuk itu Anda perlu melakukan pemasangan alat bantu dengar sekaligus di tempat di mana Anda membeli apabila tempat tersebut menyediakan jasa pemasangannya. AQM Hearing Center merupakan solusi bagi Anda yang mencari distributor sekaligus pemasangan alat bantu dengar Depok. Akan tetapi apa sih sebenarnya alat bantu dengar itu? Mengapa harus menggunakan alat bantu dengar? Bagaimana cara perawatannya? Yuk simak ulasan mengenai alat bantu dengar berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan suatu perangkat elektronik yang berfungsi untuk membantu penderita gangguan pendengaran dapat mendengarkan suara dengan lebih baik lagi. Alat ini akan meningkatkan volume suara yang tertangkap kemudian akan menyalurkannya ke bagian telinga sehingga dapat terdengar dengan lebih jelas. Cara kerjanya adalah dengan melipatgandakan frekuensi gelombang suara yang tertangkap sehingga suara akan terdengar lebih jelas dan volumenya akan menjadi lebihbesar.

Gangguan pendengaran merupakan suatu masalah kesehatan pada organ pendengaran yang terjadi baik pada telinga kiri atau telinga kanan atau bahkan pada kedua telinga yang menyebabkan terjadinya gangguan pada proses mendengarkan suara. Gangguan pendengaran ini berdampak besar pada kehidupan sehari-hari terutama dalam proses berkomunikasi. Lawan bicara tidak perlu berteriak ketika berbicara dengan penderita gangguan pendengaran yang menggunakan alat bantu dengar. Perangkat bantu pendengaran ini sangat mempermudah kehidupan para penyandang tuli atau tuna rungu karena informasi dapat tersampaikan dengan baikkepadanya.

Cara Perawatan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan alat elektronik yang harus dijaga kebersihannya agar lebih lama masa pemakaiannya dan agar tetap awet. Selain itu, merawat alat bantu dengar juga penting karena agar kinerja alat bantu dengar tersebut tetap terjaga optimal. Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk membersihkan alat bantu dengar yang baik dan benar:

  1. Bersihkan alat bantu dengar secara rutin setiap hari. Hal ini bertujuan agar kotoran telinga yang kemungkinan menempel pada alat bantu dengar tidak masuk dan menyumbat komponen penting alat bantu dengar, seperti mikrofon atau receiver. Gunakan kain bersih yang kering atau tisu kering secara teratur untuk menghindari adanya penumpukan kotoran telinga atau kotoran lainnya.
  2. Hindari paparan air secara tidak sengaja. Apabila akan berenang, mencuci muka, ataupun mandi sebaiknya hindarkan diri dari alat bantu dengar. Copot alat bantu dengar saat ingin berinteraksi dengan air agar tak ada potensi untuk terkena air. Seperti peralatan elektronik lainnya, alat bantu dengar akan mudah rusak apabila terkena air. Simpan alat bantu dengar dalam wadah penyimpanannya. Kemudian letakkan di tempat yang dingin dan teduh untuk menghindari kelembaban dan panas berlebih.
  3. Buka penutup tempat baterai di malam hari. Saat malam hari, penutup tempat baterai alat bantu dengar harus dibiarkan terbuka agar udara mengalir ke dalam perangkat. Tujuannya adalah untuk menghemat masa pakaibaterai.
  4. Hindari kerusakan fisik pada alat bantu dengar. Untuk mencegah kerusakan, alat bantu dengar harus dalam kondisi aman setiap kali tidak digunakan. Tempatkan pada wadah yang aman di luar jangkauan anak-anak kecil dan hewan peliharaan. Apabila terdapat kerusakan pada kabel atau permukaan alat bantu dengar, maka perangkat tersebut tidak boleh untuk Anda gunakan sebab ujungnya yang tajam dapat menyebabkan iritasi atau abrasi pada telinga dan daerah sekitarnya. Kerusakan pada tubing, harus ditangani secepat mungkin karena kerusakan tersebut dapat memiliki efek parah pada kualitas suara perangkat pendengaran.
Baca Juga :  14 Faktor Penyebab Telinga Mendengung (Tinnitus) dan Cara Mengatasinya

Pemasangan Alat Bantu Dengar

Pemasangan alat bantu dengar Depok

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tempat yang menjual alat bantu dengar sekaligus pemasangannya, Anda dapat mencarinya di AQM Hearing Center Depok. Di tempat ini menyediakan banyak sekali jenis alat bantu dengar yang memiliki kualitas bagus karena merupakan distributor resmi dan menyediakan jasa pemasangan alat bantu dengar Depok bagi Anda yang tinggal di wilayah Depok dan sekitarnya.

Pemasangan alat bantu dengar Depok dilakukan oleh tenaga ahli sehingga Anda tak perlu meragukannya lagi. Anda dapat memilih terlebih dahulu jenis alat bantu dengar sesuai dengan arahan dokter THT tempat Anda berkonsultasi kemudian selanjutnya Anda dapat memilih model mana yang Anda sukai. Saat memilih alat bantu dengar penting untuk memperhatikan kenyamanan saat menggunakannya. Anda dapat melakukan uji coba sebelum membelinya. Langkah terbaik adalah membeli alat bantu dengar di counternya langsung sehingga Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Anda juga dapat membuka webstore penjual alat bantu dengar sebagai bahan referensi Anda untuk dapat memilih alat bantu dengar mana yang sesuai karena di dalamnya akan terdapat spesifikasi setiap alat bantu dengar.

Setelah selesai melakukan pemilihan alat bantu dengar, petugas AQM Hearing Center Jakarta akan membantu Anda untuk melakukan pemasangan alat bantu dengar. Petugas akan membantu Anda dan menjelaskan mengenai cara pemasangan dan pencopotan ketika tidak digunakan serta bagimana cara perawatannya. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi gerai offlinenya secara langsung ataupun melalui website AQM Hearing Center Depok. AQM Hearing Center Depok, terpercaya melayani berbagai kebutuhan alat bantu dengar untuk Anda dengan harga dan kualitas yang terbaik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.