Mengenal Berbagai Masalah Pendengaran

masalah pendengaran

Sistem pendengaran manusia tidak luput dari adanya beberapa permasalahan. Sama seperti organ tubuh dan sistem tubuh lainnya yang juga memiliki masalah masing-masing. Salah satu masalah yang mungkin menyebabkan gangguan pendengaran adalah MS atau Multiple sclerosis. Sudah tahukah anda tentang MS? Yuk, simak ulasan berikut untuk memahaminya bersama Hearing Center Depok!

Tentang Multiple Sclerosis (MS)

MS atau Multiple sclerosis merupakan sebuah penyakit yang ada di otak dan sumsum tulang belakang. Lapisan myelin yang berfungsi untuk mengelilingi serta melindungi saraf yang ada di tubuh pasien akan diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Adanya kerusakan pada saraf ini bisa menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti merasa mudah lelah atau lemah, perasaan mati rasa, kesulitan untuk berjalan hingga masalah pada penglihatan. Pasien yang terkena MS biasanya juga lebih rentan untuk memiliki masalah pendengaran. Jika anda adalah salah satu pasien MS dan merasa kemampuan mendengar anda mengalami penurunan seperti kesulitan untuk mendengar ketika ada di ruangan yang bising maka anda harus segera melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan telinga bisa anda lakukan di ahli saraf atau di ahli pendengaran.

Apakah MS Bisa Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Seseorang yang mengalami kehilangan pendengaran itu berarti mengalami hilangnya 30 desibel atau mungkin lebih pendengarannya. Jika di berikan pertanyaan apakah MS bisa menyebabkan gangguan pada telinga maka jawabannya adalah bisa. Tidak semua penderita MS memiliki gangguan di telinga, namun MS bisa menjadi penyebab gangguan telinga. Jika di hitung dalam persen maka hanya 6% orang yang mengalami MS memiliki gangguan pada telinga. Hal ini diungkapkan oleh National Multiple Sclerosis Society.

Anda bisa mendengar karena getaran suara yang ada di gendang telinga di ubah menjadi sinyal listrik oleh telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian di bawa ke otak dengan melalui saraf pendengaran. Apabila saraf tersebut tidak mengalami permasalahan apapun maka ia akan sampai ke otak dengan baik dan otak bisa menerjemahkan sinyal menjadi bentuk suara yang kita kenal.

Baca Juga :  Yuk Kenali Apa Saja Penyebab Telinga Bindeng

Adanya gangguan pada telinga ini bisa menjadi tanda MS dimana lesi dapat terbentuk di saraf pendengaran. Hal ini bisa mengganggu jalur saraf yang biasa membantu otak dengan melakukan pengiriman serta pemahaman suara. Terbentuknya lesi ini juga bisa terjadi pada batang otak yang mana ia adalah bagian dari otak yang terlibat dalam pendengaran serta keseimbangan. Jika anda mengalami gangguan telinga maka anda harus berhati-hati karena mungkin ini merupakan tanda awal MS. Hal ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa anda sedang mengalami kekambuhan dari gangguan telinga. Gangguan pendengaran ini biasanya sementara sehingga bisa membaik seiring berjalannya waktu tergantung dengan perawatan serta perlakuan yang anda berikan ke sistem pendengaran anda. MS sangat jarang menjadi penyebab seseorang mengalami ketulian.

Beberapa Masalah Pendengaran

Berikut ini adalah beberapa masalah pendengaran yang mungkin terjadi pada seseorang yang mengalami MS:

Gangguan Pendengaran Sensorinerual atau SNHL

Seseorang yang mengalami SNHL biasanya mendengar secara sulit untuk suara yang lembut dan tidak jelas untuk mendengar suara yang keras. Hal ini merupakan sebuah gangguan pada telinga yang dapat terjadi secara permanen dan sangat umum. Adanya kerusakan yang terjadi pada jalur saraf antara telinga bagian dalam dengan otak (MS) tentu bisa menjadi penyebab munculnya masalah SNHL.

Kehilangan Pendengaran Mendadak

Pernah mengalami kehilangan kemampuan mendengar secara mendadak? Hal ini adalah salah satu jenis SNHL yang mana anda mengalami kehilangan pendengaran sekitar 30 desibel hingga lebih selama beberapa jam atau bahkan hingga 3 hari. Hal ini bisa membuat anda mendengar percakapan normal seperti mendengar bisikan saja.

MS dan Gangguan Pendengaran di Satu Telinga

Gangguan telinga pada MS biasanya akan mempengaruhi satu telinga saja. Sangat jarang terjadi seseorang mengalami kehilangan pendengaran pada kedua telinga sekaligus. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat terjadi. Apabila hal tersebut terjadi, jangan lupa untuk segera mengunjungi ahli dan layanan kesehatan agar didapatkan perawatan yang sesuai.

Baca Juga :  Cara Menentukan Alat Bantu Dengar Bagi Tuna Rungu

Tinnitus

Gejala gangguan telinga ini mungkin sudah sering anda dengar atau bahkan anda juga mengalaminya. Tinnitus merupakan masalah pada telinga yang sangat umum terjadi. Anda akan mendengar suara dengingan, desisan, siulan atau seperti dering. Penyebab munculnya tinnitus ialah seringnya terpapar suara keras, masalah penuaan dan bisa juga karena MS. Pada MS, kerusakan saraf mengganggu sinyal listrik yang berjalan dari telinga ke otak. Itu memicu suara dering di telinga Anda. Sebenarnya tinnitus bukanlah masalah yang membahayakan diri, namun ia dapat mengganggu anda.

Jenis Masalah Pendengaran Lain

Ada beberapa masalah lain yang mungkin terjadi dan berkaitan dengan MS. Berikut adalah beberapa bentuk masalahnya:

  • peningkatan kepekaan terhadap suara, yang disebut hyperacusis
  • suara terdistorsi
  • kesulitan memahami bahasa lisan (afasia reseptif), yang sebenarnya bukan masalah pendengaran

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai berbagai masalah telinga. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi terkait pendengaran, perawatan telinga, tes telinga hingga pengobatan atau perangkat digital sepert ABD maka anda bisa menghubungi kami. Kunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok untuk mendapatkan layanan terbaik dari kami.