Mengenal Apa Itu Neuroma Akustik

neuroma akustik

Gangguan yang terjadi pada pendengaran secara umum yang diketahui adalah kehilangan pendengaran. Padahal jenis penyakit yang menyebabkan pendengaran terganggu sangatlah beragam. Salah satu jenis penyakit yang mengganggu pendengaran adalah Neuroma Akustik. Pernahkah anda mendengar penyakit ini? Yuk, mengenal apa itu neuroma akustik melalui ulasan Hearing Center Depok berikut ini!

Definisi Neuroma Akustik

Neuroma akustik merupakan salah satu tumor jinak yang biasanya tumbuh di saraf penghubung yang berada di antara telinga dan otak. Penyakit ini juga seringkali dikenal dengan istilah vestibular schwannoma. Adapun tanda umum bahwa seseorang mengalami masalah ini ialah ketika di telinga muncul gangguan seperti kehilangan pendengaran, tinnitus atau telinga yang berdengung hingga mengalami vertigo.

Jenis tumor ini memang tumbuh di saraf yang memiliki fungsi untuk pendengaran dan keseimbangan. Tentu ini menyebabkan si penderita akan mengalami gangguan mulai dari fungsi pendengaran hingga fungsi keseimbangan. Secara umum jenis penyakit ini tidak akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Akan tetapi, pada beberapa kejadian ia juga bisa menekan batang otak. Hal tersebut membuat terganggunya fungsi otak.

Penyebab Neuroma Akustik

Hingga saat ini penyebab utama dari adanya neuroma akustik ini belum diketahui secara pasti. Ia bisa terjadi apabila gen yang ada pada kromosom 22 tidak bisa berfungsi secara normal. Adapun fungsi dari kromosom 22 ini ialah sebagai pengontrol dari pertumbuhan sebuah sel bernama Schwann. Sel tersebut merupakan sel yang menyelubungi sel-sel saraf pada tubuh. Salah satunya adalah saraf keseimbangan. Kondisi di atas bisa menyebabkan sel Schwann tumbuh serta berkembang dengan tidak terkendali.

Faktor Resiko Neuroma Akustik

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa membuat seseorang memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk terkena neuroma akustik:

  1. Orang tua yang memiliki atau menderita penyakit neurofibromatosis 2
  2. Penderita paratiroid neuroma
  3. Adanya riwayat pengobatan dengan radioterapi
  4. Sering terpapar suara bising secara terus-menerus
  5. Seseorang yang berusia mulai dari 30 hingga 50 tahun
Baca Juga :  Keterkaitan Gangguan Pendengaran dan Usia

Gejala yang Timbul Akibat Neuroma Akustik

Untuk gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini biasanya tergantung dengan ukuran dari tumor itu sendiri. Apabila ukuran tumornya kecil maka bisa jadi ia tidak akan merasakan gejala. Jika ukurannya sudah lumayan besar dan mulai melakukan penekanan pada saraf maka gejala baru bisa dirasakan.

Adanya pertumbuhan tumor tersebut bisa menekan saraf, struktur yang terletah di wajah atau otak serta terganggunya pembuluh darah. Berikut adalah gejala yang bisa muncul pada penderita neuroma akustik:

  1. Penurunan pendengaran hingga kehilangan pendengaran
  2. Tinnitus atau telinga mengalami dengungan terus menerus
  3. Vertigo
  4. Adanya gangguan keseimbangan

Apabila ukuran terus menerus membesar, maka gejala lain yang di rasakan adalah sebagai berikut:

  1. Munculnya sakit kepala secara terus menerus
  2. Kesulitan menelan hingga suara yang serak
  3. Ataksia atau tergangguanya koordinasi anggota badan
  4. Salah satu sisi wajah mengalami nyeri hingga mati rasa
  5. Penglihatan mulai kabur atau ganda

Kapan Sebaiknya Mengunjungi Dokter?

Apabila telinga anda sering mengalami dengungan, gangguan keseimbangan hingga kehilangan pendengaran di salah satu telinga maka anda perlu segera berkunjung ke dokter. Dengan mengunjungi dokter sejak dini maka penanganan segera bisa di lakukan. Sehingga anda tercegah dari adanya komplikasi pada pendengaran.

Bagaimana Diagnosis Neuroma Akustik?

Saat anda mengunjungi dokter mungkin yang pertama dilakukan oleh dokter ialah melakukan wawancara terkait dengan keluhan serta gejala yang di alami oleh si pasien. Kemudian selanjutnya dokter tentu akan melakukan pemeriksaan sesuai prosedur. Adapun caranya ialah dengan menggunakan alat bernama otoskop. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kondisi saluran telinga serta telinga bagian tengah milik pasien. Berikut adalah beberapa pemeriksaan tahap lanjut yang biasanya diperlukan dokter untuk mendiagnosis neuroma akustik:

  1. Melakukan tes pendengaran seperti tes garpu tala, audiometri, serta auditory brain stem response test.
  2. Tindakan electronystagmography yaitu sebuah tes untuk melakukan deteksi terhadap gangguan keseimbangan dengan melalui pergerakan bola mata.
  3. Melakukan pemindaian menggunakan CT Scan serta MRI. Hal ini penting untuk melihat lokasi serta ukuran tumor yang dialami pasien.
Baca Juga :  Tips Mengatasi Telinga Berdarah

Apa Saja Pengobatan Neuroma Akustik?

Untuk pengobatan penyakit ini, ditentukan dengan ukuran tumor, kondisi pasien dan kecepatan pertumbuhan dari tumor itu sendiri:

Observasi

Bagi tumor yang berukuran kecil yang memiliki tingkat pertumbuhan lambat dan tidak menunjukkan gejala apapun biasanya dokter hanya akan melakukan pemantauan. Tes pendengaran secara berkala juga diperlukan untuk hal ini. Adapun waktu pemeriksaan hanyalah 1 kali dalam 6 bulan atau 1 tahun. Adapun tujuannya hanyalah untuk memantau pertumbuhan tumornya saja. Apabila semakin besar maka dokter akan mengambil tindakan yang sesuai.

Stereotactic Radiosurgery

Selanjutnya pada neuroma akustis juga di perlukan stereotactic radiosurgery yang berfungsi untuk menghentikan tumor. Biasanya ini di gunakan untuk tumor kecil yang ukuran diameternya tidak lebih dari 3 cm.

Operasi

Operasi merupakan tindakan yang akan dilakukan dokter apabila tumor sudah tumbuh besar. Hal ini penting untuk mencegah adanya komplikasi. Selain tindakan, ada pula terapi yang di berikan oleh dokter sebagai berikut:

  1. Pemberian alat bantu dengar atau ABD
  2. Vestibular atau terapi keseimbangan
  3. Terapi okupasional
  4. Serta terapi fisik

Komplikasi yang Bisa Terjadi

Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena gangguan neuroma akustik:

  1. Berdenging pada bagian telinga
  2. Otot wajah mengalami kelumpuhan atau mati rasa
  3. Gangguan keseimbangan
  4. Penurunan hingga kehilangan pendengaran
  5. Terjadinya hidrosefalus apabila ukuran tumor membesar dan menekan batang otak

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait dengan Neuroma Akustik. Bagi anda yang mengalami gangguan pendengaran, yuk kunjungi kami hanya di AQM Hearing Center!

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?