Lakukan 6 Tips Merawat Telinga Agar Tetap Peka Pendengarannya!

Tips Merawat Telinga Agar Tetap Peka Pendengarannya

Tips merawat telinga agar tetap peka pendengarannya sangat penting diketahui. Telinga ini merupakan bagian tubuh yang vital karena menjadi indera pendengaran. Dengan telinga Anda bisa mendengar berbagai macam suara. Karena fungsinya yang sangat penting, Anda harus menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar.

Jika perawatannya salah fungsi telinga bisa terganggu, bahkan Anda beresiko kehilangan pendengaran selamanya. Mencegah lebih baik dibandingkan mengobati,  lakukanlah beberapa pencegahan agar Anda bisa menjaga kualitas pendengaran Anda. Berikut ini adalah beberapa tips merawat telinga agar tetap peka pendengarannya yang bisa Anda lakukan:

Hindari Volume Terlalu Keras

Jika Anda suka mendengarkan musik melalui earphone, mulai sekarang hindari musik dengan volume terlalu besar. Volume yang terlalu keras akan langsung menuju ke gendang telinga sehingga langsung mempengaruhi pendengaran Anda.

Untuk melindungi telinga Anda bisa mengikuti aturan 60/60, artinya volume tidak lebih dari 60% dan tidak lebih dari 60 menit seharinya. Anda bisa memilih earphone yang mana setelannya over the ear.  Tidak hanya dari earphone saja, Anda juga tidak disarankan mendekati sumber suara yang terlalu keras misalnya saja sound system dengan suara yang keras.

Gunakan Pelindung Telinga

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melindungi telinga saat berada di lingkungan yang bising. Suara bising mudah ditemukan di pabrik, klub dan sebagainya.  Di lingkungan tersebut aktivitas maupun percakapan harus dilakukan dengan berteriak. Gunakan pelindung telinga yang baik dan jangan melakukan modifikasi agar pelindung telinga bisa berfungsi dengan baik. Pilih pelindung telinga yang sudah memenuhi standar kesehatan.

Hindari Cotton Buds

Alat satu ini sering digunakan untuk membersihkan telinga. Padahal cotton buds sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga. Kotoran telinga merupakan hal wajar yang dialami siapapun, bentuknya cairan dan bisa melindungi telinga Anda dari debu maupun benda berbahaya lainnya.

Baca Juga :  Tes Pendengaran Depok: Tes Garpu Tala

Memasukkan cotton buds ini berisiko merusak saluran telinga Anda bahkan bisa merusak bagian sensitif telinga Anda seperti gendang telinga. Alat satu ini tidak akan membersihkan telinga Anda justru bisa menyebabkan infeksi.

Yang harus Anda ketahui adalah telinga ini memiliki cara kerjanya tersendiri dan mampu membersihkan dirinya sendiri sehingga penggunaan cotton buds ini sangat tidak dianjurkan. Anda bisa menggunakan handuk basah untuk membersihkan pangkal telinga Anda. Untuk membersihkan telinga bagian dalam ini Anda bisa menggunakan obat pembersih telinga sehingga kotoran itu akan keluar dengan sendirinya.

Usahakan Telinga Tetap Kering

Tips merawat telinga agar tetap peka pendengarannya yang bisa Anda lakukan adalah menjaganya tetap kering. Keringkan telinga dengan handuk yang lembut agar tidak ada bakteri yang masuk dan membuat saluran telinga menjadi infeksi. Anda bisa menghalangi air masuk ke dalam telinga dengan menggunakan pelindung telinga ketika berenang. Pilih yang nyaman dan aman sehingga Anda tetap bisa mendengar suara meski menggunakan pelindung telinga tersebut.

Cek Telinga Secara Berkala

Jangan tunggu sampai sakit telinga dahulu baru melakukan pemeriksaan. Cek kesehatan telinga Anda secara berkala. Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya mengalami gangguan pendengaran. Setelah memeriksakan telinganya baru diketahui jika ia mengalami gangguan pendengaran. Sayangnya saat diketahui tersebut gangguan pendengaran yang dialaminya sudah cukup parah.

Kerusakan telinga ini bisa terjadi secara bertahap sehingga mengecek kesehatan telinga secara rutin mampu mendeteksi penyakit dan gangguan pendengaran sejak dini. Pengobatan yang dilakukan secara dini hasilnya akan lebih bagus dan mampu mencegah gangguan pendengaran yang lebih parah.

Olahraga Secara Teratur

Hal yang bisa Anda lakukan terakhir adalah berolahraga.  Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga ini juga membuat telinga lebih sehat. Lakukan latihan kardio seperti berjalan, berlari atau bersepeda. Latihan tersebut mampu membuat aliran darah di tubuh Anda lancar, darah tersebut mampu dipompa ke seluruh tubuh termasuk ke bagian telinga. Dengan aliran darah yang lancar membuat internal telinga lebih sehat dan membuatnya berfungsi secara maksimal.

Baca Juga :  Panduan Pengobatan Vertigo

Lakukan beberapa tips merawat telinga agar tetap peka pendengarannya seperti yang telah disebutkan diatas, untuk mengecek gangguan pendengaran Anda bisa mempercayakannya ke AQM Hearing, klinik pendengaran satu ini menyediakan berbagai macam layanan yang lengkap mulai dari konsultasi gangguan pendengaran, layanan pengecekan kemampuan pendengaran sampai alat bantu dengar atau ABD, disini Anda akan menemukan berbagai macam alat bantu dengar yang lengkap dengan harga kompetitif, silahkan hubungi kontak untuk berkonsultasi atau mendapatkan info lebih lanjut.