Kenali Gejala Kanker Telinga Dari Sekarang

kanker telinga

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan tingkat kematian tinggi pada penderitanya. Oleh karenanya kita harus menerapkan pola hidup sehat serta selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan. Saat ini banyak jenis kanker yang bisa menjangkit manusia. Salah satunya yakni kanker telinga yang merupakan jenis penyakit langka. Kanker telinga ini dapat terjadi di bagian telinga mana saja seperti telinga bagian luar, tengah atau dalam.

Asal dari kanker telinga ini bisa dari adanya tumor pada telinga yang telah terlalu lama dibiarkan tidak tertangani dengan baik dan terkena sinar matahari. Tumor telinga biasanya terjadi pada telinga bagian luar. Adapun kanker telinga yang terjadi pada bagian tengah belum dapat diketahui secara pasti. Selain tumor telinga, kanker telinga juga dapat disebabkan karena adanya infeksi kronis pada telinga.

Gejala Kanker Telinga Secara Umum

Kanker telinga merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Sebaiknya Anda harus mngenali gejala-gejalanya sejak dini agar segera mendapatkan penanganan dengan baik sehingga tak menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Dengan mengetahui gejalanya maka dokter akan bisa segera menentukan keputusan untuk proses pengobatannya.

Gejala umum kanker telinga antara lain adanya gangguan pendengaran sampai hilangnya kemampuan mendengar akibat infeksi telinga yang terus menerus dan tak tertangani dengan baik. Apabila kanker makin menyebar ke daerah wajah maka wajah akan susah untuk digerakkan, mimisan dari hidung, serta terganggunya penglihatan.

 

Gejala Kanker Telinga Akibat Tumor

Gejala kanker telinga akibat tumor telinga berbeda-beda tergantung pada letak tumornya apakah di telinga bagian luar, tengah, atau dalam.

  • Tumor pada Telinga Bagian Luar

Awalnya, terjadi benjolan pada yang disertai dengan rasa sakit dalam kurun waktu yang cukup lama biasanya bisa berlangsung hingga 4 minggu. Benjolan yang timbul berwarna merah muda, permukaannya bersisik serta terkadang disertai dengan keluarnya darah dan cairan putih agak kuning atau nanah.

Baca Juga :  Penyakit Otosklerosis dan Cara Untuk Mengobatinya

Pada luka atau bisul yang ada di telinga merupakan indikasi awal terjadinya kanker telinga. Selain itu, ciri kanker telinga lainnya adanya tahi lalat yang mengalami perubahan warna dan bentuk, bahkan terus tumbuh.

Pertumbuhan tumor pada telinga bagian luar cenderung lambat, sehingga mempengaruhi proses identifikasinya. Apabila Anda menemui gejala-gejala tersebut sebaiknya segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

  • Tumor pada Telinga Bagian Tengah

Tanda-tanda yang terjadi yakni keluarnya cairan disertai dengan darah yang berasal dari bagian tengah telinga. Selain itu juga muncul rasa nyeri pada bagian tertentu telinga biasanya daun telinga, terjadi gangguan pendengaran, bengkak pada kelenjar getah bening bahkan ada hingga tidak bisa menggerakkan wajah pada sisi telinga yang terkena kanker.

  • Tumor pada Telinga Bagian Dalam

Tumor pada telinga bagian dalam biasanya jarang terjadi. Gejalanya hampir sama dengan apabila terjadi pada telinga pada bagian tengah, yaitu nyeri, gangguan pada pendengaran, sakit kepala, dan  daun telinga terasa sakit.

 

Jenis Kanker Telinga

Kanker telinga bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Ada beberapa macam jenis kanker telinga yakni:

  • Kanker Sel Basal

Jenis kanker telinga ini selnya berkembang di area wajah hingga telinga. Tanda dari adanya kanker ini ialah munculnya ulkus atau luka benjolan di area telinga yang semakin lama semakin membesar dan tidak dapat sembuh dalam waktu yang singkat. Ulkus berubah mengeras dan berkerak, bahkan akan berdarah jika tersentuh.

Kanker sel basal yang sangat agresif dan berbahaya dapat menyebabkan permasalahan yakni terganggunya fungsi seluruh telinga bagian luar karena kerusakan jaringan.

  • Kanker Sel Skuamosa

Bentuk sel kanker ini seperti sayur kembang kol atau berupa ulkus. Benjolan ini akan  melekat pada bagian bawah jaringan. Proses penyebaran sel-sel kanker skuamosa mulai dari kelenjar getah bening yang berada di dekatnya dan semakin menyebar melalui darah hingga menuju ke tulang temporal.

  • Melanoma Maligna
Baca Juga :  Mengenal Gejala Otosklerosis

Jenis kanker ini berawal dari tahi lalat yang sudah ada dan akan berubah warna menjadi hitam, tumbuh dengan cepat dengan ukuran dan batasan yang tidak rata. Perluasan kanker ini akan membentuk seperti satelit  yang mengelilingi kanker utama. Penyebarannya dapat melalui darah dan sistem limfatik.

  • Karsinoma Adeniodcystic

Perkembangan kanker ini berada pada saluran telinga bagian luar. Merupakan jenis kanker telinga yang langka dan pertumbuhannya yang sangat lambat. Asalnya bisa dari kelenjar keringat, kelenjar ludah dan kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga.

Gejala yang timbul yakni melemahnya otot wajah, kehilangan pendengaran, serta nyeri akut. Kanker ini menyebar secara lokal ke kelenjar ludah, kelenjar getah bening dan juga tulang, bahkan hingga paru-paru dan hati yang letaknya cukup jauh dengan daerah yang terkena kanker.

  • Adenokarsinoma Ceruminous

Kanker ini berkembang pada kelenjar yang mengeluarkan kotoran telinga. Gejala utamanya sakit pada telinga dan gangguan pendengaran. Kanker ini mempengaruhi saraf wajah dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada saraf wajah.

 

Itulah jenis-jenis kanker telinga dan gejalanya. Sebaiknya Anda mengenalinya sejak dini dan segera memeriksakannya ke dokter agar segera tertangani dengan baik. Selain itu juga untuk meminimalisir perkembangannya yang cukup pesat dan mencegah penyebarannya ke organ-organ vital telinga yang lainnya.

Anda bisa berkonsultasi masalah pendengaran di AQM Hearing Center dan akan dibantu oleh dokter-dokter berpengalaman. Ada berbagai jenis alat bantu dengar yang dijual juga tentunya dengan kualitas terbaik. Jangan ragu untuk memilih AQM Hearing Center untuk membantu Anda mengatasi permasalahan pendengaran.