Kenali Ciri-Ciri Infeksi Pada Telinga Bayi, Anak dan Dewasa!

Apa ciri-ciri infeksi pada telinga? Indera satu ini wajib dijaga kesehatan dan kebersihannya. Salah satu hal yang sering dialami adalah infeksi telinga. Yang namanya infeksi tentu tidak akan pernah membuat Anda merasa nyaman.  Anda akan merasa nyeri yang teramat sangat pada telinga Anda bahkan telinga akan mengeluarkan cairan yang bau. Infeksi telinga ini bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Penyakit ini bisa menimpa Anda saat virus maupun bakteri menyerang dan menginfeksi bagian-bagian telinga termasuk gendang telinga.  Yang menyebabkan infeksi ini menimbulkan rasa sakit karena menyebabkan peradangan disertai dengan penumpukan cairan pada bagian telinga. Infeksi ini pula yang menyebabkan gangguan pendengaran muncul. Infeksi yang berulang dan tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

Kenali Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Infeksi Pada Telinga

Untuk bisa mendapatkan penanganan lebih cepat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri infeksi pada telinga.  Anda bisa mengenali gejala maupun ciri dari infeksi telinga seperti berikut ini:

  1. Rasa Nyeri Pada Satu Telinga

Biasanya nyeri ini terjadi pada satu telinga lebih dahulu baru jika tidak diatasi rasa nyeri ini akan menjalar pada telinga satunya. Rasa nyeri ini disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Telinga yang terinfeksi ini juga menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan virus sehingga telinga akan terus terasa nyeri sebelum diberikan pengobatan yang bisa membunuh bakteri tersebut. Ciri khas rasa nyeri yang disebabkan oleh infeksi telinga ini nyeri tajam dan seperti menusuk. Bahkan rasa nyeri ini bisa menjalar sampai bagian kepala.

  1. Telinga Terasa Penuh

Ciri-ciri infeksi pada telinga selanjutnya adalah telinga terasa penuh. Hal itu karena cairan yang menumpuk pada telinga ini akan menyebabkan telinga terasa penuh.  Bahkan cairan tersebut  menimbulkan bau busuk sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan cairan ini sampai keluar dari liang telinga.

  1. Demam
Baca Juga :  5 Jenis Gangguan Pendengaran Yang Wajib Anda Tahu

Orang yang mengalami infeksi telinga ini juga akan mengalami demam. Kondisi ini wajar karena menjadi respons dan bentuk perlawanan sistem imun tubuh dalam melawan bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh. Anda harus segera mencari bantuan dokter agar infeksi ini tidak berlarut-larut.

  1. Pendengaran Terganggu

Saat infeksi ini sudah menyerang telinga, Anda akan merasakan pendengaran terganggu. Hal ini karena bakteri dan virus tersebut menyerang telinga dan menyebabkan fungsinya menjadi menurun.  Jika dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan akan menyebabkan pendengaran mengalami kerusakan permanen.

Infeksi Telinga Pada Bayi dan Anak

Infeksi telinga ini tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga menyerang bayi bahkan anak-anak. Supaya tidak berlarut-larut penting bagi Anda untuk mengetahui gejala infeksinya sejak dini agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Pada bayi gejala yang sering dialami adalah rewel dan sulit tidur. Bayi tidak bisa tidur, tidak jarang bayi meminta untuk selalu digendong karena saat berbaring rasa sakit dan nyeri pada telinga semakin terasa. Ciri khas bayi yang mengalami infeksi adalah ia akan menarik-narik telinganya.

Ciri–ciri infeksi pada telinga pada bayi dan anak selanjutnya adalah sulit mendengar, demam dan berkurang nafsu makan. Pada anak yang sudah bisa berjalan infeksi telinga ini ditandai dengan terganggunya keseimbangan saat berjalan.

Ciri Infeksi Berdasarkan Lokasinya

Seperti yang diketahui bahwa telinga ini terdiri dari beberapa bagian. Ciri telinga yang terinfeksi juga bisa diketahui dari lokasi infeksi telinga tersebut. Jika yang terinfeksi ini bagian telinga tengah dan area belakang dari gendang telinga Anda akan merasakan nyeri dan rasa penuh telinga.

Ciri yang muncul adalah gendang telinga meradang, gendang telinga ini juga tidak lagi sensitif dalam menangkap suara. Anda akan merasakan cairan keluar dari liang telinga karena gendang telinga yang robek, sedangkan ciri terakhir adalah demam dan tubuh terasa lemah.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar yang Rusak

Telinga luar ini merupakan area di luar saluran telinga sampai lubang telinga.  Saluran ini menjadi tempat yang ideal untuk perkembangbiakan  bakteri dan  virus. Jika telinga luar Anda terinfeksi Anda akan merasakan nyeri. Selain itu gejala atau ciri lainnya berupa bengkak dan terasa tertekan pada telinga. Gejala terakhir adalah kulit telinga terasa merah dan hangat.

 

Demikianlah ciri-ciri infeksi pada telinga yang harus Anda waspadai, jika Anda merasakan ciri atau gejala itu segera cek telinga dan pendengaran Anda di AQM Hearing Center, klinik gangguan pendengaran ini menawarkan layanan yang lengkap mulai dari cek kemampuan mendengar, konsultasi masalah pendengaran, alat bantu dengar dan masih banyak lagi lainnya, hubungi kontak untuk berkonsultasi lebih lanjut.