Jenis Profesi Yang Rentan Terhadap Gangguan Pendengaran

Profesi Rentan Gangguan Pendengaran

Beberapa jenis profesi ternyata ada yang berdampak terhadap kesehatan loh. Mereka yang kerja di kantor dan diharuskan untuk duduk dalam beberapa jam tanpa ada gerakan tubuh lain seperti berdiri bisa membuat tulang punggung mengalami masalah. Salah satu gangguan kesehatan yang sangat mungkin berdampak ialah adanya gangguan pendengaran. Lalu, jenis profesi apa sajakah membuat seseorang beresiko mengalami gangguan pendengaran? Yuk, simak ulasan berikut bersama Klinik Pendengaran Jakarta!

1.      Bekerja di Tempat Hiburan

Jenis pekerjaan pertama yang beresiko bekerja di tempat hiburan malam karena adanya suara music yang sangat keras. Pengeras suara bisa ditaruh dimana saja dalam satu ruangan. Di atas panggung biasanya menjadi lokasi penempatan pengeras suara paling utama. Secara tidak langsung, kondisi seperti ini bisa membuat seseorang mengalami gangguan pendengaran. Sejatinya sistem pendengaran manusia tidak boleh terpapar suara bising secara terus menerus.

2.      Pelatih Senam Aerobic ataupun Zumba

Hingga saat ini sudah banyak sekali jenis olahraga yang bisa diikuti oleh semua kalangan. Maka dari itu tidak heran jika saat ini pekerjaan seperti pelatih olahraga menjadi sangat diminati. Hal ini juga selaras dengan gaya hidup modern dimana sudah banyak orang sekali orang yang paham akan pentingnya olahraga. Lalu apa hubungannya dengan gangguan pendengaran? Salah satu pelatih olahraga yang beresiko terkena gangguan pendengaran adalah pelatih senam aerobic ataupun Zumba. Mengapa demikian? Hal ini karena kegiatan olahraga tersebut menggunakan music dengan suara yang cukup keras.

3.      Staff Bandara

Jenis profesi rentan gangguan pendengaran berikutnya adalah mereka yang menjadi staff bandara. Utamanya ialah mereka yang bertugas untuk mengangkut kendaraan serta bagasi di landasan. Para staff ini sudah pasti akan terus terpapar dengan suara pesawat yang sangat keras. Ketika ingin berkomunikasi pun ia harus berusaha keras supaya suaranya bisa melampau kebisingan pesawat. Hal ini bisa membuat seseorang mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Tes Rinne dan Weber

4.      Pengemudi Bus

Selanjutnya adalah pengemudi bus yang harus melakukan perjalanan setiap hari. Oleh karena itu, ia akan banyak terpapar oleh suara kebisingan lalu lintas. Ia juga harus terpapar dengan suara penumpang yang berdesakan serta berisik setiap saat. Sering kali pengemudi bus mengalami sakit di bagian kepala dan bagian telinga. Hal ini sangat mungkin terjadi karena volume kebisingan dan kondisi ini bisa membuat gendang telinga mengalami kerusakan.

5.      Konstruksi dan Pengembangan Lahan

Profesi rentan gangguan pendengaran berikutnya adalah mereka yang bekerja di bidang konstruksi dan pengembangan lahan. Suara bising sangat mungkin terjadi di lokasi proyek pembangunan. Banyak sekali para pekerja di bidang ini yang mengalami gangguan pendengaran sebelum masa pension di mulai. Suara bising tersebut bisa disebabkan karena gergaji listrik, suara alat las dan mesin lainnya. Terlalu bisingnya sebuah lokasi kerja tentu bisa meningkatkan resiko gangguan pendengaran.

6.      Guru Sekolah

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa guru sekolah juga menjadi profesi rentan gangguan pendengaran. Hal ini memang bisa terjadi karena adanya paparan suara yang sangat keras. Guru bekerja di sekolah mulai dari tingkat TK hingga Sekolah Menengah Atas. Mereka yang bekerja di TK ataupun SD akan sangat sering mendengar teriakan dan keramaian anak-anak. Hal itulah yang menyebabkan guru sekolah termasuk dalam daftar profesi rentan gangguan pendengaran.

7.      Musisi

Jika guru sekolah saja bisa beresiko, maka sudah pasti profesi seperti musisi juga bisa menjadi profesi rentan gangguan pendengaran. Apalagi jika music yang dimainkan bergenre rock, maka sudah sangat pasti ia akan terpapar oleh suara yang sangat bising dan menyebabkan ia rentan terkena gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Penurunan Fungsi Indra Pendengaran di Usia Lanjut (Presbikusis)

8.      Anggota Militer

Mengapa anggota militer bisa menjadi salah satu profesi rentan gangguan pendengaran? Hal ini karena mereka akan sangat sering berurusan dengan senapan mesin ataupun alat mekanik lainnya. Ini bisa terjadi di lapangan ataupun pangkalan. Suara peratalan tersebut bisa lebih dari 140 dB yang bisa membuat gendang telinga rusak jika terus-menerus terpapar suara tersebut.

9.      Pekerja di Bidang Pertanian

Tukang kayu, pekeja konstruksi hingga petani biasanya mengerjakan lahan dengan berbagai alat mulai dari tradisional hingga modern. Saat ini sudah banyak tersedia jenis mesin dan kendaraan yang bisa membantu petani mengelola sawahnya. Adapun alat atau mesin tersebut contohnya adalah traktor, mesin penggiling padai dan lain sebagainya. Alat atau mesin tersebut memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi sehingga akan sangat rentan penggunanya terkena gangguan pendengaran.

10. Chef

Tidak hanya 9 profesi di atas, chef ternyata juga menjadi profesi rentan gangguan pendengaran. Hal ini disebabkan oleh suara beberapa alat asak seperti blender, mesin pemotong daging, mixer dan lain sebagainya.

Itulah informasi tentang profesi rentan gangguan pendengaran yang perlu anda ketahui. Jika salah satunya adalah profesi anda saat ini, maka berhati-hatilah. Selalu gunakan penutup telinga dan sebisa mungkin menghindari sumber suara.

Bagi anda yang membutuhkan konsultasi dan perawatan pendengaran atau sedang mengalami masalah gangguan pendengaran, yuk kunjungi kami hanya di AQM Hearing Center.