Gangguan Pendengaran di Satu Telinga

Gangguan Pendengaran di Satu Telinga

Sebagian besar masalah sistem dengar terjadi di dua telinga sekaligus meskipun pada beberapa kasus tingkat gangguan pendengaran antara telinga kiri dengan telinga kanan bisa berbeda. Ada yang sedikit lebih tinggi dan ada yang sedikit lebih rendah. Hal ini hampir sama dengan masalah penglihatan yang bisa berbeda tingkatan minus antara mata kiri dengan mata kanan. Namun, tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa kasus yang hanya terjadi pada satu telinga saja. Sedangkan telinga lainnya tidak terpengaruh sama sekali. Berikut tim Hearing Center Jakarta akan berbagi informasi menarik tentang gangguan pendengaran di satu telinga. Yuk, simak ulasan berikut!

Tentang Gangguan Pendengaran di Satu Telinga

Masalah yang terjadi di satu telinga umumnya di kenal sebagai gangguan pendengaran unilateral. Hal ini tentu sangat berbeda dengan masalah pada dua telinga atau gangguan pendengaran bilateral. Jika seseorang mengalami gangguan pada kedua telinga atau ketika seseorang mengalami masalah di dua telinga dengan salah satunya memiliki tingkat yang rendah atau tingkat yang lebih tinggi maka tidak bisa dikatakan sebagai gangguan  unilateral. Hal ini karena gangguan unilateral hanya benar-benar di diagnosis pada masalah di 1 telinga.

Penyebab

Masalah sistem dengar yang terjadi pada satu telinga memiliki faktor penyebab yang hampir sama dengan masalah pada dua telinga. Beberapa penyebabnya ialah sebagai berikut:

  1. Masalah penuaan
  2. Terpaparnya telinga dengan suara yang keras pada waktu yang cukup lama
  3. Tidak menggunakan pelindung telinga saat berada di lokasi yang bising
  4. Adanya kotoran telinga yang berlebih di saluran telinga
  5. Terdapat tumor di telinga
  6. Memiliki penyakit tertentu
  7. Terjadinya infeksi telinga
  8. Mengalami cedera pada telinga

Mengapa Gangguan Pendengaran Unilateral Bisa Terjadi?

Gangguan pendengaran unilateral bisa terjadi karena kasus tumor, adanya cedera serta kelebihan kotoran telinga yang terjadi hanya pada satu telinga. Sedangkan jika penyebabnya hanyalah masalah penuaan, maka sangat jarang terjadi gangguan pendengaran unilateral. Alasan pastinya juga belum diketahui mengapa hanya terjadi pada satu telinga sedangkan telinga lainnya berfungsi dengan normal.

Baca Juga :  7 Life Hack Pendengaran Yang Sehat

Diagnosis Gangguan Unilateral

Untuk melakukan diagnosa terhadap gangguan pendengaran unilateral biasanya bergantung dengan penyebab gangguan itu sendiri. Misalnya ketika masalah di sebabkan oleh adanya cedera pada telinga serta infeksi di telinga, maka ini merupakan kondisi yang cukup akut. Hal ini berarti situasi dan kondisi tersebut bisa berlangsung kurang dari 3 bulan. Biasanya untuk penyebab dari masalah di satu telinga ini disebabkan oleh adanya infeksi serta cedera.

Pada kondisi yang kronis, jenis masalah ini dapat membuat kerusakan pada telinga dan penyebabnya adalah masalah penuaan serta kerusakan. Jika hal ini terjadi, segeralah untuk mengunjungi audiolog agar mendapatkan penanganan serta tindakan dengan segera.

Cara Mengobati Gangguan Pendengaran Satu Telinga

Jika penyakit telinga terjadi karena beberapa masalah sekunder seperti adanya tumor, penumpukan kotoran telinga, atau karena penyakit tertentu, maka pengobatan yang di lakukan lebih kepada menyelesaikan gejala serta meredam penyebab. Sedangkan jika kasus ini terjadi karena kerusakan pada telinga atau masalah penuaan, maka perawatan yang di lakukan adalah dengan menggunakan alat bantu dengar.

Itulah ulasan yang bisa kami berikan seputar gangguan pendengaran di satu telinga. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi masalah kesehatan telinga, jangan lupa mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Jakarta!