Bagian-Bagian Telinga Dalam dan Fungsinya

bagian telinga dalam dan fungsinya

Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan penting adalah telinga Maka tidak heran jika telinga dianggap sebagai salah satu panca indera manusia yang sangat dibutuhkan. Telinga sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah serta telinga bagian dalam. Ingin tahu lebih lanjut mengenai bagian-bagian telinga dalam dan fungsinya? Yuk, simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas!

Bagian-Bagian Telinga Dalam

Telinga yang terletak di bagian dalam memiliki organ sangat penting yaitu untuk menampung organ-organ vestibulocochlear yang memiliki dua fungsi utama. Fungsi tersebut adalah untuk melakukan pengubahan sinyal mekanis dari telinga yang ada di tengah menjadi sebuah sinyal listrik. Sinyal ini dapat menyalurkan informasi ke jalur pendengaran yang ada di otak. Inilah hal yang bisa menjaga keseimbangan melalui deteksi posisi serta gerakan.

Posisi dan Struktur Anatomi Telinga Dalam

Sesuai dengan namanya yaitu telinga dalam maka posisi telinga ini berada di bagian dalam lebih tepatnya pada bagian petrosal dari tulang temporal. Adapun letaknya adalah berada di antara telinga tengah dengan meatus akustik internal. Masing-masing dari kedua bagian tersebut terletak secara lateral dan medial. Komponen utama yang terletak pada telinga bagian dalam adalah labirin bertulang serta labirin membran.

Sedangkan labirin membrane terletak di dalamnya labirin bertulang. Komponen yang ada di dalamnya adalah saluran koklea, saluran setengah lingkaran, utricle serta saccule. Adapun isi dari labirin membrane ialah cairan endolimf.

Labirin Bertulang

Labirin bertulang merupakan organ yang terdiri dari serangkaian rongga tulang yang terletak di dalam bagian petrosal dari tulang temporal. Didalamnya terdapat koklea, ruang depan serta tiga kanal setengah lingkaran. Semua kompinen ini memiliki lapisan internal yaitu dengan adanya periosteum dan terdapat pula cairan bernama perilimfe.

  1. Ruang Depan
Baca Juga :  Siapa yang Boleh Menggunakan Alat Bantu Pendengaran? Ketahui Selengkapnya Disini!

Bagian tengah dari labirin tulang adalah ruang depan yang dipisahkan dari telinga tengah serta jendela oval. Secara anterior ruang depan ini akan berkomunikasi dengan koklea serta di posterior dengan kanal setengah lingkaran. Adapun dua bagian dari labirin membrane yaitu saccule serta utrikulus terletak di dalam ruang depan ini.

  1. Cochlea

Koklea atau yang sering disebut rumah siput ini mampu menampung saluran koklea dari labirin membrane. Adanya saluran koklea ini bisa menciptakan dua ruang berisi perilymph di atas serta di bawah. Kedua ruang tersebut adalah scala vestibule dan scala tympani. Scala vestibule berlokasi di sebelah superior ductus koklea dan berada di ruang depan. Sedangkan untuk scala tympani terletak di bagian inferior dari saluran koklea dan berakhir di jendela bundar.

  1. Kanal Setengah Lingkaran

Terdapat tiga buah kanal setengah lingkaran yaitu anterior, lateral dan posterior. Ketikaganya mengandung saluran setengah lingkaran dimana ia bertanggungjawab untuk menjadga keseimbangan. Mereka melakukannya dengan utricle serta saccule. Kanal ini berlokasi di superoposterior ke ruang depan dengan adanya sudut siku-siku satu dengan lainnya.

Labirin Membran

Bagian telinga dalam dan fungsinya yang selanjutnya adalah labirin membrane. Labirin membrane ini merupakan sistem saluran kontinyu yang diisi dengan endolimf. Ia terletak di dalam labirin tulang dan di kelilingi oleh perilymph. Dalam labirin membrane ini terdapat saluran koklea, tiga saluran setengah lingkaran serta saccule dan juga utricle.

  1. Saluran Koklea

Letak dari saluran koklea ini ialah berada di dalam koklea yang merupakan salah satu organ pendengaran. Sedangkan ductus setengah lingkaran, saccule serta utricle ialah merupakan organ keseimbangan. Ketiga organ tersebut juga dikenal sebagai alat vestibular. Saluran koklea berada di dalam perancah tulang koklea yang di pegang oleh lamina spiral. Bentuk dari saluran koklea ini bisa digambarkan seperti setiga dengan dinding lateral, atap serta lantainya.

  1. Dinding lateral ialah salah satu komponen yang dibentuk dengan periosteum yang menebal. Ia juga di kenal sebagai ligamentup spiral.
  2. Adapun atap biasanya di bentuk dengan membrane yang berfungsi untuk menjadi pemisah saluran koklea dari skala vestibule dan di kenal sebagai membrane Reissner.
  3. Sedangkan lantai terbentuk dengan adanya membrane yang menjadi pemisah antara saluran koklea dari skala timpani dan di kenal sebagai membrane basilar. Membran ini yang biasa menampung sel-sel epitel pendengaran organ corti.
Baca Juga :  Penggunaan Ear Candle: Aman Atau Bahaya?

Saccule dan Utricle

Bagian telinga dalam dan fungsinya selanjutnya adalah Saccule dan Utricle. Kedua organ ini sebenarnya adalah dua kantung membrane yang berada di ruang depan. Perannya adalah sebagai organ keseimbangan yang bisa mendeteksi gerakan ataupun sebuah percepatan kepala pada bidang vertical maupun horizontal. Utrikulus memiliki ukuran yang lebih besar dan menerima tiga saluran setengah lingkaran sedangkan saccule ialah sebuah globural yang bisa menerima saluran koklea.

Saluran Setengah Lingkaran

Letak dari saluran setengah lingkaran ini adalah terletak di dalam dan memiliki orientasi yang sama. Ketika kepala bergerak maka biasanya aliran endolimfe yang ada di dalam saluran juga akan mengalami perubahan kecepatan serta arah. Selanjutnya reseptor sensorik yang terletak di ampula kanal biasanya akan melakukan pendeteksian perubahan dan akan sesegera mungkin untuk melakukan pengiriman sinyal ke otak sehingga bisa memproses keseimbangan.

Pembuluh Darah

Suplai arteri yang di miliki oleh labirin bertulang dan labirin membrane memiliki perbedaan. Labirin bertulang akan menerima suplai darah dari tiga arteri yang juga memasok cabang timpani interior (arteri maksilaris), cabang petrosal (arteri meningeal tengah), dan cabang stylomastoid (arteri aurikuler posterior). Sedangkan untuk labirin membrane akan disuplai oleh arteri abyrintihine.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar bagian telinga dalam dan fungsinya yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi dan perawatan telinga maka anda bisa menggunakan layanan kami yaitu Hearing Center Tangerang. Temukan perawatan terbaikmu hanya di Klinik Pendengaran Tangerang.