6 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

penyebab telinga gatal

Sebagai bagian dari organ tubuh, anda pasti sudah sangat paham dan maklum jika telinga juga bisa merasakan gatal. Telinga yang gatal dapat dialami oleh semua orang mulai dari anak kecil hingga dewasa bahkan lansia. Rasa gatal pada telinga mungkin saat ini masih dianggap sepele sehingga banyak yang mengabaikannya karena dirasa tidak berbahaya. Padahal gejala atau rasa gatal pada telinga bisa menjadi tanda atau disebabkan oleh adanya penyakit serius yang membutuhkan penanganan dokters segera. Sehingga kondisi telinga gatal seharusnya tidak bisa dianggap sepele. Ingin tahu apa saja penyebab dari telinga gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut bersama Klinik Pendengaran Jakarta!

Penyebab Telinga Gatal

Telinga memang berukuran kecil, namun ketika organ kecil ini mengalami gangguan maka hal ini akan mempengaruhi kehidupan secara menyeluruh. Tidak heran jika keseimbangan tubuh anda juga bisa terganggu ketika mengalami telinga gatal. Ketika terjadi sebuah gangguan maka telinga bisa merasa gatal karena ia dipenuhi oleh berbagai saraf yang cukup sensitif. Gangguan yang terjadi mulai dari gangguan ringan hingga serius yaitu adanya suatu kondisi medis. Lalu, apa sajakah penyebab telinga gatal? Berikut jawabannya:

1.    Otitis Eksterna

Penyebab telinga gatal pertama adalah kondisi otitis eksterna. Otitis eksterna ialah sebuah kondisi dimana telinga mengalami infeksi saluran. Saluran yang dimaksud adalah saluran yang menghubungkan antara lubang telinga luar dengan gendang telinga. Penyebab utama dari gangguan ini adalah masuknya air ke dalam saluran telinga yang membuat telinga menjadi lembab serta memicu adanya perkembangan bakteri serta jamur hingga menyebabkan infeksi. Hal inilah yang kemudian membuat telinga mengalami rasa gatal, nyeri, bengkak hingga kemerahan.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Menyebabkan Telinga Sakit

Adanya luka garukan akibat alergi ataupun iritasi juga bisa menyebabkan munculnya penyakit otitis eksterna. Penggunaan earphone yang berlebihan, kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud serta penggunaan alat bantu dengar juga bisa memicu munculnya penyakit ini. Untuk mengatasinya anda perlu menggunakan antibiotic ataupun sejenis obat kortikosteroid yang bisa anda beli dengan menggunakan resep atau anjuran dokter.

2.    Psoriasis

Penyakit psoriasis juga menjadi salah satu penyebab munculnya rasa gatal pada telinga. Psoriasis sendiri merupakan penyakit autoimun kronis yang menyerang kulit secara umum. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah munculnya ruam merah pada kulit, kulit terasa lebih tebal serta kering, terlihat seperti bersisik dan sangat mudah terkelupas. Rasa gatal merupakan gejala yang menyertasi penyakit ini dan juga bisa terjadi di area telinga manusia.

Sasaran penyakit ini adalah mereka yang berusia 15 hingga 35 tahun namun juga bisa terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

3.    Penumpukan Kotoran Telinga

Kotoran telinga atau serumen merupakan kotoran alami yang di miliki telinga dan berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi telinga dalam dari adanya debu serta bakteri. Akan tetapi, produksi serumen yang berlebihan tentu bisa menimbulkan adanya penumpukan kotoran sehingga menyebabkan adanya rasa gatal hingga nyeri.

Untuk itulah anda perlu menjaga kebersihan telinga anda sehingga tidak menimbulkan penumpukan kotoran pada telinga. Ada yang harus anda ingat. Bahwa membersihkan kotoran telinga tidak bisa anda lakukan dengan sembarangan. Hindari menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga karena ia bisa mendorong kotoran untuk lebih masuk ke dalam telinga.

4.    Dermatitis Saluran Telinga

Jika anda mengalami dermatitis saluran telinga maka anda tentu akan merasakan reaksi alergi yaitu gatal pada telinga anda. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi di kulit telinga bagian dalam serta di sekitar saluran telinga. Penyebab nyatanya adalah penggunaan perhiasan serta produk kecantikan yang tidak begitu cocok.

Baca Juga :  Yuk Kenali Plus Minus Alat Bantu Dengar Sebelum Membelinya

5.    Kulit Kering

Selanjutnya, kondisi kulit yang terlalu kering ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab rasa gatal pada telinga muncul loh. Penyebab kulit telinga mongering ialah karena telinga tidak memproduksi serumen yang berfungsi sebagai bahan pelumas. Sehingga menyebabkan munculnya rasa gatal serta kulit menjadi lebih mudah untuk mengelupas.

Cara Mengatasi Telinga Gatal

Untuk dapat mengatasi telinga yang gatal maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab yang menjadi dasar dari rasa gatal tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi telinga yang gatal:

  1. Meminimalisir penggunaan cotton bud, kapas dan berbagai macam benda yang beresiko menimbulkan iritasi pada telinga.
  2. Menghentikan penggunaan produk kecantikan yang di duga menjadi salah satu penyebab rasa gatal di telinga.
  3. Jangan menggunakan benda tajam untuk membersihkan telinga seperti contohnya adalah penjepit rambut atau peniti.
  4. Seperti gigi, telinga juga harus di lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Anda juga harus membersihkan telinga dengan obat tetes telinga atau cairan lain yang direkomendasikan dokter.
  5. Apabila menggunakan perhiasan baru dan merasa gatal, segeralah melepasnya dari telinga anda.
  6. Ketika berenang, jangan lupa untuk menutup telinga dengan menggunakan penutup telinga renang. Apabila air masuk ke dalam telinga segeralah lakukan pengeringan.

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang penyebab telinga gatal dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi terkait dengan pendengaran, jangan lupa untuk mengunjungi kami di Hearing Center Jakarta.