4 Tanda Mengalami Tinnitus

Tanda Mengalami Tinnitus

Tinnitus sebenarnya adalah sebuah gejala yang timbul karena adanya penyakit tertentu. Kebanyakan masyarakat pernah mengalami gejala ini. Kondisi ini adalah kejadian yang sangat umun dengan penyebab yang berbeda-beda. Banyak orang yang mengalami ini karena terpapar suara yang cukup keras dalam waktu yang cukup lama. Contohnya adalah ketika sedang menghadiri konser atau sedang bekerja dengan menggunakan mesin yang bersuara keras. Tidak hanya paparan suara, tinnitus bisa terjadi karena adanya infeksi pada telinga. Yuk kenali 4 tanda mengalami tinnitus melalui ulasan dari Hearing Center Jakarta berikut!

Tentang Tinnitus

Sebenarnya tinnitus bukanlah suatu kondisi medis yang serius namun bukan berarti anda bisa membiarkannya begitu saja. Anda bisa mengunjungi audiolog atau ahli pendengaran seperti di Klinik Pendengaran Jakarta untuk melakukan pemeriksaan. Mereka akan melakukan diagnosa dan menilai apakah tinnitus yang anda alami bersifat permanen atau tidak. Berikut adalah beberapa tanda mengalami tinnitus yang harus anda ketahui:

Terdapat Dering yang Konstan di Telinga

Adapun gejala atau tanda utama yang dirasakan oleh orang yang mengalami tinnitus adalah adanya dering di telinga yang terjadi secara terus-menerus. Banyak orang yang menganggap ini adalah suara dering, namun ada pula yang menyebutnya dengungan hingga suara siulan. Biasanya gejala ini muncul ketika anda baru saja terpapar oleh suara yang keras. Tinnitus di tandai dengan anda yang mendengar suara ini sendiri atau hanya anda yang mendengar sedangkan orang lain di sekitar anda tidak ada yang mendengarnya.

Merasa Mendengar Musik

Apakah anda merasa pernah berhalusinasi seakan mendengarkan music padahal tidak ada music, tv atau radio yang di putar? Hal ini menandakan anda mengalami halusinasi musical. Dalam kondisi ini anda seperti terus menerus mendengar suara music yang lirih namun sebenarnya tidak ada suara apapun. Bila anda sedang berada di mall mungkin anda akan merasa bahwa anda mendengar music dari lingkungan. Maka anda bisa langsung memeriksa hal ini dengan mengunjungi ruangan yang tenang. Jika anda masih mendengar suara ini maka berarti anda mengalami halusinasi musical. Anda perlu untuk memeriksakan hal ini ke audiolog untuk mendapatkan tindakan.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran dan Diabetes Tipe 1

Muncul Suara Berdebar di Telinga

Selanjutnya tanda bahwa anda mengalami tinnitus adalah ketika terdapat suara berdebar atau dentuman di telinga anda. Biasanya seperti suara gitar bass yang di putar berulang kali. Dentuman yang ada ini seperti mengikuti ritme detak jantung anda. Kondisi ini sebenarnya merupakan kondisi yang langka yang di sebut sebagai tinnitus berdenyut.

Perubahan Pendengaran

Adapun tanda yang terakhir adalah kemampuan pendengaran anda mengalami perubahan karena gejala tinnitus. Banyak orang yang mengalami tinnitus dengan kondisi yang parah bisa menyebabkan adanya perubahan kemampuan pendengaran. Ini membuat penderita merasa kurang bisa mendengar tidak seperti biasanya. Selain kemampuan pendengaran yang menurun, telinga menjadi lebih sensitive terhadap suara yang keras atau tinggi. Sebenarnya tinnitus tidak akan membuat anda mengalami kehilangan pendengaran, namun yang terjadi adalah masalah pendengaran yang bersifat sementara. Maka dari itu, apabila anda merasa ada keanehan dalam sistem pendengaran anda, maka lebih baik anda segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi telinga anda.

Gejala tinnitus dalam beberapa kasus bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Ada yang hilang dalam beberapa hari atau dalam beberapa bulan. Bila anda di diagnosis mengalami tinnitus secara permanen, jangan ragu untuk mengambil tindakan dan perawatan hanya di Klinik Pendengaran Jakarta!