Makanan Untuk Mencegah Gangguan Pendengaran

gangguan pendengaran

Tahukan anda pola hidup yang sehat bisa mencegah gangguan pendengaran loh. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi bisa berasal dari nabati maupun hewani. Kira-kira ada apa saja makanan yang bisa mencegah gangguan pendengaran? Berikut akan kita kupas bersama Hearing Center Jakarta. Semoga bermanfaat.

Pisang

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi msalah pada pendengaran. Pisang memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi sehingga sangat baik untuk pendengaran anda. gizi yang terdapat dalam pisang ini mampu membantu mengontrol pengluaran glutamat. Glutamat ini merupakan salah satu penyebab hilangnya pendengaran karena adanya suara bising.

Ikan

Makanan selanjutnya yaitu ikan. Ikan mengandung omega-3 yang tinggi yang mampu menurnkan resiko penurunan pada sistem pendengaran. Salah satu ikan yang mengandung omega-3 yaitu ada salmon, tunda, dan sarden. Selain kandungan omega-3 yang tinggi, ikan juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Vitamin D ini berfungsi untuk memperkuat tulang-tulang telinga.

Brokoli

Sayuran berwana hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Brokoli mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti viatmin K, vitamin C, dan serat. Dengan mengkonsumsi brokoli bisa membantu melwan radikal bebas yang bisa merusak jaringan pada telinga. selain itu, ternyata brokoli mampu meningkatkan ketajaman pendengaran. Brokoli juga tinggi akan asam folat yang bisa menjaga kesehatan telinga kita. Asam folat memiliki fungsi untuk menguraikan homocystein penyebab inflamasi atau peradangan yang dapat menghambat sirkulasi. Sirkulasi yang baik sangat penting untuk menjaga sel-sel rambut telinga agar lebih sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Fungsi dari rambut telinga sendiri yaitu untuk menyaring udara yang masuk ke telinga dari kotoran.

Baca Juga :  Kenali Apa itu Barotrauma

Cokelat

Makanan selanjutnya yaitu cokelat. Makanan satu ini banyak digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak ternyata cokelat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pendengaran kita lo. Cokelat tinggi akan kandungan zinc yang membantu mencegah kehilangan pendengaran seiring pertambahan usia. Selain itu, juga dapat memperbaiki kehilangan pendengaran akibat dari suara yang bising.

Bawang putih

Siapa sangka, bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk telinga kita. Yaa bawang putih dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan dapat meredakan peradangan. Senyawa antibakteri yang terdapat pada bawang putih mampu mengahambat dan membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga.

Kacang-kacangan

Tak hanya sekedar untuk menjadi camilan saja. Ternyata kacang-kacangan juga bermanfaat bagi pendengaran kita. Kacang memiliki kndungan zinc yang tinggi. denagn mengkonsumsi kacang-kacangan bisa menjadi cara untuk mengatasi gangguan pada saluran pendengaran seperti titanus dan telinga berdenging. Tak hanya itu saja, zinc juga membantu menjaga sistem imun tubuh sehingga telinga tidak mudah terkena infeksi.

Alpulkat

Buah alpulkat selain memiliki rasa yang enak juga memiliki beragam manfaat. Kandungan magnesium yang tinggi pada alpulkat dapat membantu memperbaiki masalah pendengaran.

Telur

Makanan selanjutnya yaitu ada telur. Telur memiliki kandungan Vitamin B12 atau cobalamine yang tinggi. vitamin B12 ini dapat membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dengan cara menstimulasi pembentukan sel darah merah.

Kentang

Banyak riset yang menunjukkan dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi magnesium dapat melindungai telinga kita dari masalah pendengaran. Salah satu makanan yang tinggi magnesium yaitu kentang. Kandungan magnesium pada kentang bisa melancarkan aliran darah sehingga dapat mengurangi penyusutan akibat kekurangan suplai oksigen dalam tubuh.

Jamur

Makanan selanjutnya yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan pendengaran kita yaitu jamur. Jamur kaya akan vitamin D yang bisa mencegah berbagai masalah pendengaran pada telinga. kekurangan vitamin D ini bisa menyebabkan gangguan tiga tulang penting penyusun telinga melunak dan melemah. Sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuan pendengaran seseorang. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan jamur sebagai asupan nutrisi kamu untuk meningkatkan ketajaman pendengaran.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran Pada Anak

Kacang mede

Makanan yang ebrasal dari jambu monyet ini kaya akan kandungan zinc yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan zinc pada kacang mede ini sebesar 28 gram per onsnya yang dapat memenuhi 15% kebutuhan zinc harian tubuh kita. Zinc sangat bagus untuk menjaga sistem imun kita agar terhindar dari penyakit salah satunya yaitu gangguan pendengaran. Selain itu, zinc pada kacang mede juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Dengan mengkonsi kacang mede bisa mngusir kuman dan virus yang dapat menyebabkan infeksi. Karena itulah, mengkonsumsi kacang mede bisa manbantu menjaga kesehatan telinga kamu.

Jeruk

Buah jeruk yang terkenal dengan kandungan vutamin C yang tinggi ini mempunyai menfaat baik untuk pendengaran apabila kita konsumsi. Selain mengandung vitamin C buah jeruk juga mengandung vitamin E. Vitamin E dan C pada buah jeruk berfungsi melindungi sel telinga bagian dalam dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Naah itu tadi sekdar informasi mengenai makanan yang membantu untuk mencegah gangguan pendengaran. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar juga mampu mencegah gangguan pendengaran. Yukk terapkan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan dan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Bagi anda yang mengalami gangguan pendengara, segera konsultasikan ke dokter. Anda bisa mengujungi AQM Hearing Center untuk berkonsultasi mengenai masalah pendengaran anda. Kami akan memberikan solusi terbaik mengenai gangguan pendenagran anda.