Hubungan Gangguan Pendengaran dan Hipertensi

infeksi telinga

Tahukah anda bahwa ternyata gangguan pendengaran memiliki hubungan dengan penyakit darah tinggi? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Tangerang untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai faktanya.

Tekanan Darah Tinggi

Siapa sih orang yang mau terkena penyakit apalagi darah tinggi. Penyakit darah tinggi seringkali di jadikan sebagai sebuah alarm bahwa akan muncul penyakit-penyakit lain pada tubuh seseorang. Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya tekanan darah yang tinggi. Kondisi kesehatan seperti ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti adanya penyakit jantung, stroke serta penyakit ginjal. Hingga saat ini kita dapat dengan mudah menemukan penderita darah tinggi karena memang presentase penderitanya cukup tinggi di Indonesia. Bahkan banyak sekali survei yang menyebutkan bahwa semakin hari tingkat presentasi penderita semakin tinggi.

Hipertensi dalam waktu yang lama atau menahun juga bisa memicu adanya gangguan pada pendengaran. Terlebih apabila penyakit tekanan darah tinggi tersebut tidak segera diindahkan untuk dilakukan pengobatan.

Hubungan Tekanan Darah Tinggi dan Gangguan Pendengaran

Berikut ini akan kami paparkan mengapa tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran. Ya, ketika seorang manusia memiliki tekanan darah yang tinggi maka ia akan beresiko untuk mengalami rusaknya pembuluh darah. Adapun kerusakan yang terjadi tentu tidak hanya berada pada satu tempat saja. Melainkan bisa saja terjadi pada seluruh tubuh, sehingga telinga juga akan beresiko mengalami kerusakan. Apabila pembuluh darah yang berada di telinga ini mengalami kerusakan (contohnya adalah adanya penumpukan plak), maka pendengaran tentu akan terganggu. Hal tersebutlah yang menyebabkan adanya hubungan antara tekanan darah tinggi serta gangguan pada pendengaran.

Ketika terjadi tekanan darah tinggi, sirkulasi ke telinga akan mengalami gangguan karena adanya sumbatan vascular. Sumbatan vasculan ialah sumbatan yang seringkali terjadi karena di sebabkan oleh emboli, pendarahan serta mikroangiopati. Penyebab-penyebab tersebut dapat kita temukan dengan sangat mudah pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Yang Perlu di Lakukan?

Tekanan darah tinggi memang menjadi penyakit yang sangat menakutkan dan merupakan salah satu momok bagi masyarakat. Penyakit ini memang bukanlah penyakit menular. Namun, penyakit ini cukup menakutkan bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk mengontrol agar tidak terjadi komplikasi hingga menyebabkan gangguan pada pendengaran, maka kita bisa mengontrolnya dengan menjaga tekanan darah. Sehingga, pola hdup sehat merupakan hal yang sangat di perlukan untuk orang-orang yang mengalami hipertensi ini.

Komplikasi Lain

Seperti pada awal paragraph di artikel ini, kita mengetahui bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti stroke, jantung coroner, diabetes, gagal ginjal bahkan mengalami kebutaan. Namun adakah yang paling tinggi presentase komplikasinya? Jawabannya tentu ada. Di Indonesia, komplikasi akibat darah tinggi yang paling tinggi adalah penyakit jantung coroner.

Tingkat keparahan dari seorang penderita hipertensi tentu berbeda-beda begitupun dengan komplikasi yang akan di timbulkan. Faktor-faktor selain tingkat keparahan ialah tentang lama penderita merasakan penyakitnya hingga lokasi mana saja yang mengalami kerusakan pada pembuluh darahnya. Tentu semakin lama menderita serta semakin parah penyakit hipertensi yang dirasakannya maka akan semakin tinggi resiko komplikasi.

Pembuluh darah manusia bisa mengalami penyumbatan dan hal ini juga bisa di lakukan oleh penyakit hipertensi. Apabila pembuluh darah mengalami sumbatan, tentu penyakit yang akan mengintai adalah jantung coroner. Tidak hanya penyakit jantung coroner, bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat terjadi karena terjadi penyumbatan pada pembuluh darah secara total. Apabila sumbatan terjadi pada kondisi total, maka aliran oksigen yang seharusnya menuju pada otot jantung tidak dapat tersalurkan dengan baik. Hal inilah yang bisa menyebabkan kematian secara mendadak karena adanya serangan jantung.

Baca Juga :  Otitis Eksterna: Pengertian, Gejala dan Peyebabnya

Cara Mencegah Darah Tinggi

Hipertensi memang bukanlah sebuah penyakit yang bisa di sepelekan. Apabila penyakit ini tidak di obati dan di atasi dengan baik serta semestinya, maka komplikasi hingga kematian secara mendadak akan mengintai tubuh penderita. Terapkan pula pola hidup sehat untuk meminimalisir komplikasi yang ada. Kamu juga perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala agar dapat mengontrol tekanan darahmu. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah darah tinggi:

  1. Terapkan diet sehat seperti mengurangi konsumsi garam pada makanan anda. Cukup konsumsi garam dengan jumlah kurang dari 6 gram dalam sehari. Makanlah makanan rendah lemak yang mengandung banyak nutrisi seperti gandum utuh, roti dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk konsumsi 5 porsi buah serta sayur setiap harinya.
  2. Hindari alcohol karena ia memiliki kalori yang sangat tinggi.
  3. Menurunkan berat badan merupakan salah satu upaya untuk mencegah darah tinggi.
  4. Bergerak dengan aktif serta rutin berolahraga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Kurangi asupan kafein ya!
  6. Berhenti merokok adalah salah satu kunci jika anda menginginkan tekanan darah yang normal.

 

Bagaimana? Sudah pahamkan tentang hubungan antara hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan gangguan pendengaran? Nah, bagi kamu yang mengalami gangguan pendengaran serta membutuhkan konsultasi terkait pendengaran, jangan lupa untung mengunjungi Hearing Center Tangerang ya.