5 Gejala Infeksi Telinga Yang Wajib Anda Tahu

gejala infeksi telinga

Gejala infeksi telinga sebenarnya dapat kita ketahui dengan sangat mudah. Tandanya adalah ketika dari telinga keluar cairan atau nanah, cairan tersebut adalah cairan yang bisa mendorong gendang telinga. Kondisi seperti itulah yang bisa menyebabkan telinga merasakan sakit, ada denyutan hingga munculnya gangguan pendengaran serta drainase cairan telinga. Selain gejala infeksi telinga yang berhubungan langsung dengan organ pendengaran, ada pula beberapa gejala yang justru tidak berkaitan dengan organ pendengaran loh. Yuk, cari tahu 5 gejala infeksi telinga lainnya di ulasan berikut bersama Hearing Center Depok!

Sering Merasa Pusing Serta Muntah

Dalam artikel-artikel sebelumnya kita sudah seringkali menyinggung bahwa pendengaran tidak hanya berperan untuk proses mendengar saja melainkan juga masalah keseimbangan tubuh. Maka akan menjadi tidak heran jika seseorang mengalami gejala infeksi telinga lalu merasa pusing, mual hingga muntah. Selain itu, infeksi pada telinga biasanya berkaitan dengan virus dalam tubuh.

Nafsu Makan Berubah

Gejala infeksi telinga bisa membuat seseorang mengalami sakit pada sistem pendengaran, ia juga akan merasa pusing dan mual. Dalam kondisi seperti ini, lalu siapakah yang masih memiliki selera untuk makan? Walaupun makanan yang paling mahal dan enak di dunia, jiwa raga yang tidak sehat pasti akan merasa tidak nafsu untuk menyantap makanan. Selain itu, penderita infeksi telinga akan memiliki resiko yang tinggi untuk terkena pilek. Hal tersebut bisa membuat saluran aerodigestif yang ada di bagian atas mengalami penumpulan kemampuan mencicipi makanan.

Merasa Demam

Seseorang yang mengalami demam adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh atau imun dirinya sedang melakukan usaha untuk perlawanan infeksi dari virus tertentu. Hal ini seringkali terjadi pada anak-anak yang berusia kurang dari 6 bulan. Apabila anak anda mengalami hal serupa, maka anda perlu untuk membawanya segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Adapun tanda lainnya adalah ketika ia menangis atau rewel secara berlebihan atau ketika anak anda memiliki suhu tubuh di atas 102° F.

Baca Juga :  Ciri Anak Yang Tuna Wicara

Memiliki Bau Mulut dan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur bisa menjadi sebuah tanda adanya infeksi telinga yang berkaitan dengan pembengkakan kelenjar gondok jika hal ini terjadi pada anak-anak. Apabila jaringan yang ada di belakang telinga ini mengalami infeksi maka mereka bisa melakukan penyebaran kuman ke telinga melalui sebuah saluran Eustachius.  Seorang anak yang memiliki pembengkakan kelenjar gondok biasanya akan melakukan pernafasan melalui mulut dimana hal ini bisa memicu adanya pendengkuran. Infeksi telinga kronis serta adanya pembengkakan kelenjar gondok ini bisa memicu adanya bau mulut.

Keterlambatan Bicara dan Inatensi

Infeksi telinga menyebabkan adanya cairan yang bisa menghalangi telinga tengah sehingga seseorang bisa mengalami gangguan pendengaran hingga kehilangan pendengaran. Selain gangguan pendengaran, hal ini juga bisa mengganggu perkembangan bicara serta bahasa anak kecil. Apabila anda merasa bahwa anak anda memiliki kekurangan dalam bicara (keterlambatan bicara) maka anda harus segera membawanya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Karena hal tersebut berarti ada kemungkinan bahwa anaka anda mengalami gejala infeksi telinga yang berkaitan dengan organ untuk berbicara.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar 5 gejala infeksi telinga yang harus andaojn ketahui. Apabila anda merasakan beberapa gejala di atas dan anda belum yakin bahwa hal tersebut di sebabkan oleh masalah telinga, anda bisa mengunjungi dokter umum terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok jika anda sudah yakin bahwa hal tersebut disebabkan oleh masalah pendengaran.