Otitis Media: Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

otitis media

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang salah satu penyakit telinga yaitu otitis eksterna. Kali ini, tim AQM Hearing Center juga akan berbagi informasi mengenai penyakit telinga lainnya. Adapun penyakit telinga yang akan di bahas kali ini adalah Otitis Media. Ingin tahu lebih lengkap tentang otitis media? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pengertian

Penyakit otitis media memiliki pengertian sebagai sebuah infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi ini terjadi tepatnya pada rongga yang ada di belakang gendang telinga. Penyakit telinga ini bisa dikatakan sebagai sebuah peradangan yang terjadi di telinga bagian tengah. Penderita yang seringkali terkena penyakit ini ialah usia anak-anak. Otitis media sendiri memiliki beberapa jenis atau tipe. Adapun jenis dan tipenya diantaranya adalah Otitis Media Akut (OMA), Otitis Media Efusi), Otitis Media Supuratif Kronik (OMSK) dan Otitis Media Adhesif.

Gejala Yang Dirasakan Penderita

Seperti penyakit pada umumnya, seorang penderita pada penyakit tertentu pasti merasakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Otitis media juga mengakibatkan penderitanya merasakan gejala-gejala tertentu. Adapun gejala yang ditimbulkan berbeda-beda tergantung dengan jenis atau tipe penyakit itu sendiri. Berikut meruupakan gejala-gejala yang biasa terjadi berdasarkan jenisnya:

Otitis Media Akut atau OMA

Bagi seseorang yang mengidap OMA atau Otitis Media Akut gejala yang ditimbulkan diantaranya ialah merasa nyeri atau Otalgia pada telinga, mengalami Otorrhea atau adanya cairan yang keluar dari telinga, merasa nyeri di bagian kepala, dan yang terakhir adalah menurunnya nafsu makan.

Otitis Media Efusi atau OME

Jenis otitis media yang kedua adalah otitis media efusi atau yang sering disebut OME. Bagi seseorang yang mengidap penyakit ini gejala yang dirasakan di antaranya adalah menurunnya fungsi pendengaran, adanya tinnitus atau suara berdenging pada telinga serta mengalami vertigo atau pusing yang berputar.

Baca Juga :  Benarkah Kolesteatoma Berupa Tumor Jinak?

Otitis Media Supuratif Kronik atau OMSK

Bagi seseorang yang mengalami penurunan fungsi pendengaran yang diakibatkan rusaknya gendang telinga dan biasanya memiliki rasa nyeri yang cukup berkurang hingga tidak terasa. Serta tidak merasa demam ada kemungkinan bahwa orang tersebut mengidap OMSK.

Otitis Media Adhesif

Bagi seseorang yang menderita Otitis Media Adhesif biasanya mengalami penurunan pendengaran karena tulang-tulang penghantar suaranya mengeras. Adanya penyakit ini bisa jadi dikarenakan dari hasil peradangan telinga tengah yang ada sebelumnya seperti OMA.

Penyebab Otitis Media

Hampir setiap penyakit dapat terjadi karena memiliki sebab tertentu. Seperti penyakit pada umumnya, Otitis Media dapat disebabkan oleh berbagai hal. Secara umum, penyakit ini dapat terjadi karena adanya sebuah infeksi bakteri, jamur ataupun virus. Salah satu jenis pathogen yang dapat menyebabkan penyakit ini muncul ialah bernama Streptococcus pneumonia. Selain itu, masih ada jenis pathogen lain yang dapat menyebabkan penyakit ini muncul. Jenis pathogen lain ialah seperti Pseudomonas aeruginosa serta Moraxella catarrhalis. Infeksi telinga juga seringkali terjadi karena disebabkan oleh Haemophilus influenza.

Berbagai jenis virus dan RSV yang bisa menyebabkan common cold juga seringkali mampu menyebabkan terjadinya Otitis Media. Hal ini di karenakan RSV dan virus tersebut bisa merusak sel-sel epitel yang ada pada pernapasan bagian atas. Pemicu lainnya ialah adanya disfungsi tuba Eustachius. Kondisi-kondisi seperti itu bisa menyebabkan filter atau pembersih bakteri dari celah telinga tidak memadai hingga menyebabkan adanya penyakit peradangan ini.

Sasaran Penyerangan

Otitis media ini rata-rata terjadi pada anak kecil karena mereka memiliki tuba Eustachius dengan ukuran yang lebih pendek, posisi horizontal serta lebih lebar daripada orang dewasa. Anak-anak dengan usia mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun sangat rentan terhadap adanya infeksi pada telinga karena imunnya masih berkembang. Bagi anda yang sering menitipkan anak anda di tempat penitipan anak, anda juga harus berhati-hati dan waspada. Karena anak yang berada di tempat penitipan seperti ini lebih rentan terkena penyakit seperti pilek ataupun infeksi telinga jika dibandingkan dengan anak-anak yang lebih banyak berada di rumah.

Baca Juga :  Penyakit Meniere, Waspadai Sebelum Terlambat

Jika anda sedang memiliki bayi, maka anda harus memperhatikan bagaimana pemberian makanan bayi anda. Bayi yang minum dari botol terlebih ketika ia berada di posisis terbaring akan lebih rentan terserang infeksi telinga. Hal ini terjadi sebaliknya dengan bayi yang langsung disusui oleh ibunya sendiri (minum ASI langsung). Bagi orang dewasa, penyakit ini dapat menyerang jika anda memiliki kebiasaan merokok atau seringkali terpapar oleh asap rokok. Anda juga akan lebih rentan terkena penyakit tersebut apabila anda bekerja di tempat yang sangat banyak mengandung polusi atau udara yang tidak sehat.

Itulah informasi mengenai pengertian, gejala, penyebab, dan faktor kemungkinan siapa saja yang menjadi sasaran dari penyakit Otitis Media. Untuk mencegahnya, anda bisa menjauhkan anak anda dari lingkungan yang penuh asap atau rokok, berikan vaksinasi dan lakukan pemberian makan dengan cara yang benar. Selain itu, berikan ASI yang eksklusif serta hindarkan mereka dari para pengidap penyakit ini. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi terkait gangguan pendengaran anda bisa menghubungi kami dengan melihat kontak yang tertera yaitu di AQM Hearing Center. Semoga artikel ini membantu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.