Cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri

cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri

Apakah anda pernah mengalami telinga bindeng atau tersumbat di sebelah sisi kiri saja? Berikut cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri.

Saat mengalami telinga bindeng sebelah kiri anda akan merasakan ketidaknyamanan pada telinga anda. Telinga bindeng pada sebelah sisi telinga terjadi disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu terjadinya penumpukan kotoran pada telinga, telinga kemasukan air, penyakit tertentu pada telinga, dan infeksi telinga.

Telinga bindeng sebelah kiri dapat sembuh dengan sendirinya pada kondisi ringan. Namun di kondisi dengan tingkat keparahan tinggi telinga bindeng harus mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan efek lain yang mempengaruhi fungsi pendengaran di kemudian hari.

Telinga bindeng dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab yang menimbulkan efek jika tidak segera ditanganai. Berikut ini informasi mengenai penyebab telinga bindeng sebelah kiri yang cukup parah.

cara mengatasi telinga bindeng sebelah kirii

Penyebab telinga bindeng sebelah kiri dengan tingkat keparahan

Telinga bindeng atau tersumbat menyebabkan penderita sulit untuk mendengarkan suara-suara. Terkadang telinga bindeng akan berefek pada penderita. Gejala telinga bindeng sebelah kiri yang parah akan disertai dengan rasa nyeri dan sakit pada telinga, telinga terasa penuh, mengeluarkan cairan, bengkak, gangguan pendengaran dan gangguan pada keseimbangan tubuh.

Berikut adalah penyebab telinga bindeng sebelah kiri yang jika tidak ditangani akan menimbulkan efek lainnya.

1. Barotrauma

Saat kita sedang bepergian jalan-jalan ke gunung, ke dataran tinggi, atau ke pantai sering kali kita merasakan telinga tersumbat. Telinga yang tersumbat terjadi pada sebelah sisi kiri, kanan, atau bahkan keduanya.

Keluhan telinga bindeng sebelah kiri dapat terjadi ketika berada di tempat tertentu.hal ini terjadi karena adanya perubahan tekanan lingkungan yang cepat sehingga pada saluran telinga terjadi penutupan tuba eustachius atau disebut dengan barotrauma.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Adanya perbebdaan tekanan pada lingkungan menyebabkan telinga bindeng terjadi karena tubuh mengalami adaptasi bersama gendang telinga. Tuba atau dikenal dengan saluran eustachius ini mencoba menyamakan tekanan di luar dengan telinga bagian tengah. Penyesuaian yang terjadi menyebabkan saluran eustachius menutup sementara yang mengakibatkan telinga bindeng.

2. Penyakit Tinnitus pada telinga

Gejala telinga bindeng dapat juga dikarenakan adanya penyakit tinnitus. Tinnitus adalah keluhan dimana telinga terasa tersumbat yang disertai dengingan dari dalam telinga seperti siulan, desis, decak, deru, dan dengun.Penyakit tinnitus terjadi karena sering kali mendengarkan suara keras dan bising. Terkadang seseorang dapat menderita tinnitus dikarenakan sering kali mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan sejenis anti radang yang non steroid.

3. Penyakit Neuroma Akustik

Gejala telinga bindeng sebelah kiri dengan tingkat keparahan yang cukup serius dapat disebabkan adanya pertumbuhan neuroma akustik. Neuroma akustik merupakan pertumbukan tumor jinak pada telinga yang berkembang di saraf kranial. Tumor jinak ini menyerang saluran yang mengarah dari telinga menuju otak.

Tumor jinak pada biasanya tumbuh dengan lambat dan memiliki ukuran yang kecil. Namun lambat laun tumor dapat tumbuh membesar dan akan berefek memberi tekanan pada saraf telinga bagian dalam.

Tekanan dari tumor di telinga menyebabkan telinga terasa bindeng dan tersumbat sehingga pendengaran dapat menurun dalam jangka waktu tertentu. Pada kondisi waktu singkat neuroma akustik menyebabkan telinga merasakan dengungan.

4. Mengalami Flu

Keluhan telinga bindeng sebelah kiri dapat terjadi dikarenakan sedang mengalami flu atau disebut dengan influenza.

Saat flu sering kali kita mengeluarkan lendir dari hidung. Lendir ini dibuat oleh sel-sel membrane yang mengalir dari hidung menuju paru-paru. Tujuan lendir ini adalah menjaga kelembapan dan menyaring kotoran ketika menarik napas.

Baca Juga :  Penyebab & Pencegahan Telinga Mendengung

Namun saat mengalami kondisi flu, lendir yang seharusnya menjaga kelembapan bercampur dengan virus dan bakteri menyebabkan keluarnya lendir yang tidak terbendung. Virus flu pada hidung ini menginfeksi telinga dan menjadi penyebab telinga bindeng pada salah satu sisi telinga. Hidung memiliki saluran yang berkaitan dengan telinga. Sehingga hal ini tidak mengkagetkan apabila mengalami flu, telinga kita merasakan bindeng juga.

Virus inflenza dapat menyebabkan penumpukan cairan lendir pada hidung dan memberikan tekanan pada telinga. Cairan yang berlebihan akibat flu menyebabkan tersumbatnya tabung eusachius yang menjadi penghubung telinga bagian tengah dengan tenggorokan. Cairan lendir inilah yang menjadi penyebab telinga mengalami tersumbat atau bindeng.

5. Telinga kemasukan benda asing atau serangga

Telinga bindeng sebelah kiri dapat terjadi ketika telinga kemasukan benda asing seperti serangga atau benda kecil lainnya. benda asing yang masuk pada lubang telinga dapat menyebabkan telinga tersumbat dan bindeng.

Setelah mengetahui penyebab telinga bindeng sebelah kiri. Berikut informasi yang diberikan penulis mengenai tips mudah cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri.

Tips mudah mengatasi telinga bindeng sebelah kiri

Berikut ini tips untuk anda mengatasi telinga bindeng yang terjadi di sebelah kiri.

cara mengatasi telinga bindeng sebelah kirii

1. Tidak menggunakan cotton bud atau alat lain ketika telinga bindeng

Cara mengatasi telinga bindeng sebeah kiri adalah tidak menggunakan cotton bud maupun alat lainnya seperti pinset, jari untuk mengorek, dan lain-lain.

Menggunakan alat seperti pinset dan cotton bud dapat memperparah kondisi telinga bindeng anda. Apabila mengalami kemasukan benda asing yang menyebabkan telinga bindeng jangan menggunakan alat-alat untuk mengambil benda tersebut. Alat seperti cotton bud dan pinset ini justru akan memberikan efek buruk karena penggunaan alat tersebut dapat mendorong masuk kotoran atauoun benda asing ke dalam telinga.

Baca Juga :  Tips Makanan dan Vitamin bagi Penderita Telinga Berdenging

2. Menggunakan obat tetes yang diperjualbelikan di apotik

Cara mengatasi bindeng telinga sebelah kiri dengan menggunakan obat tetes telinga. Obat tetes telinga dapat membantu anda mengatasi dan meringankan bindeng pada telinga.

Setelah penggunaan obat tetes telinga pada sisi telinga yang bindeng akan menyebabkan telinga anda merasa plong. Tips menggunakan obat tetes telinga adalah jangan menempelkan ujung obat tetes ke telinga anda karena akan menimbulkan bercampurnya virus dan bakteri dari telinga ke obat tetes. Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum menggunakan obat tetes telinga.

3. Mengompres telinga menggunakan air hangat

Air hangat sebagai salah satu cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri. Suhu pada air hangat dapat meringankan telinga yang bindeng dan tersumbat.

4. Menggunakan minyak zaitun atau esensial lainnya

Minyak zaitun dapat meringankan bindeng telinga anda. Penggunaan minyak ini harus tepat dan pas agar tidak memberikan efek samping lainnya.

5. Konsultasikan ke dokter

Apabila cara-cara diatas sudah dilakukan namun telinga bindeng sebelah kiri masih terasa lebih baik lakukan pemeriksaan ke dokter THT agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi telinga bindeng sebelah kiri. Semoga informasi ini dapat membantu anda meringankan bindeng pada telinga. Selalu jaga kebersihan telinga anda karena telinga adalah aset dalam tubuh yang berfungsi sebagai indera pendengaran berguna hingga kita tua.