Cara Menentukan Alat Bantu Dengar Bagi Tuna Rungu

Tuli dapat menimpa semua orang tanpa mengenal latar belakang usia. Anda yang berusa muda bisa terkena penyakit tuli, apalagi jika memiliki kebiasaan buruk yang terus berulang. Misalnya, mendengarkan musik dengan volume keras dalam kurun waktu yang cukup lama. Jika sudah tuli, maka dibutuhkan effort lebih untuk mengembalikan fungsi pendengaran. Salah satunya adalah terapi memakai Alat Bantu Dengar atau ABD.

Alat bantu dengar bisa mengembalikan fungsi pendengaran seperti semula. Alat ini dipasang di area telinga dengan bentuk dan jenis yang berbeda. Anda yang ingin membeli ABD sebaiknya harus menyesuaikan dengan kondisi yang dialami. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang cara menentukan alat bantu dengar bagi tuna rungu. Penjelasan lengkapnya dapat disimak di bawah ini.

Konsultasi Ke Dokter THT

dokter THT

Sebelum membeli ABD, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter THT atau klinik khusus pendengaran. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi telinga, dan melihat tingkat keparahan yang dialami. Nantinya, dokter atau audiolog akan memeriksa telinga Anda melalui serangkaian test tertentu. Nah, hasil dari test inilah yang menjadi patokan untuk Anda membeli alat bantu dengar. Selain itu, dokter pun akan menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan ABD atau tidak.

Kenali Tipe Alat Bantu Dengar Sebelum Membelinya

Alat bantu dengar punya tipe dan jenis yang bervariasi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tipe BTE

BTE adalah alat bantu dengar yang cukup populer. ABD ini punya bentuk yang cukup besar dan dipasangkan di bagian telinga belakang. Keunggulan tipe BTE adalah menawarkan kontrol penuh kepada penggunanya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tipe CIC

Tipe CIC (completely in the canal) berbentuk lebih kecil dari tipe BTE. ABD ini dipasang dalam saluran telinga sehingga jarang disadari orang. Tipe ini cocok untuk segala tingkat kerusakan pendengaran.

  1. In the Canal
Baca Juga :  3 Metode Pembersihan Telinga yang Harus Dihindari

Sama halnya dengan tipe CIC, tipe ITC dipasang dalam saluran telinga pasien. Hanya saja, alat ini lebih direkomendasikan untuk gangguan pendengaran sedang dan ringan saja.

  1. In the Ear

ABD tipe ITE dipasang di ujung saluran lubang telinga. Tipe ini banyak dipakai karena bisa “menyembunyikan” identitas pemakainya secara aman. Banyak orang tidak percaya diri dengan masalah pendengaran yang mereka alami. Nah dengan ABD ITE, penggunanya bisa tetap berkomunikasi dengan lancar tanpa diketahui sedang menggunakan alat bantu dengar.

  1. Receiver in The Ear

Tipe receiver in the ear berbentuk mirip dengan tipe BTE. Hanya saja, jike BTE menggunakan semacam tabung, maka tipe yang satu ini menggunakan kabel tipis untuk menghubungkan speaker dengan receiver. Selain itu, tipe receiver in the ear punya bentuk yang lebih simple dibandingkan BTE.

Pilih ABD Berkualitas

Setelah mengetahui tipe-tipe ABD, Anda bisa tahu cara menentukan alat bantu dengar bagi tuna rungu. Selain itu, kami pun menyarankan agar Anda memilih barang berkualitas utuk mendapat pengalaman mendengar secara optimal. ABD berkualitas bisa memberi pengalaman mendengar secara lebih natural, alami dan terasa menyenangkan. Dengan begitu, Anda pun bisa percaya diri saat berkomunikasi dan lebih semangat dalam menjalani hari.

ABD berkualitas juga menjamin keawetan alat dalam jangka waktu panjang. Memang banyak merk yang menawarkan ABD murah dengan harga di bawah rata-rata. Namun kualitas ABD ini tentu wajib dipertanyakan. Selain cepat rusak, tingkat efektivitasnya pun tidak akan terasa maksimal.

Sesuaikan Dengan Budget

Yang terpenting, dalam memilih alat bantu dengar Anda perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa rata-rata ABD dijual mulai dari satu jutaan. Namun, ada juga ABD yang dijual hingga puluhan juta, dengan komponen dan kualitas yang lebih baik. Jadi, tinggal sesuaikan dengan budget yang dimiliki dan jangan lupa konsultasi terlebih dahulu.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Kerja Pemeriksaan BERA

Jika butuh saran tentang cara menentukan alat bantu dengar bagi tuna rungu, Anda bisa menghubungi AQM Hearing Center. Klinik ini menyediakan konsultasi seputar pendengaran untuk Anda  yang sedang membutuhkan ABD. Selain menyediakan konsultasi, klinik ini menyediakan juga berbagai tipe ABD lengkap, dengan pilihan harga yang beragam. AQM Hearing Center hanya menjual ABD asli sehingga kualitasnya pun lebih terjamin.