Cara Menangani Otitis Eksterna

otitis eksterna

Penyakit telinga otitis eksterna merupakan suatu infeksi yang menyerang telinga bagian luar yang disebabkan karena masuknya air ke dalam telinga. Adanya air yang masuk ke dalam lubang telinga akan mengakibatkan ruangan di dalam telinga menjadi lembab sehingga bakteri atau jamur dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan sangat baik di dalam telinga. Pada umumnya penyakit otitis eksterna penyebabnya adalah bakteri Staphylococcus aureus atau bakteri Pseudomonas aeruginosa.

 

Penyebab Otitis Eksterna

Perenang sering kali mengalami masalah kesehatan ini karena telinganya sering kemasukan air saat berenang. Maka dari itu infeksi ini disebut juga dengan smimmer’s ear. Otitis eksterna adalah infeksi saluran telinga luar yang membentang dari gendang telinga ke bagian luar kepala.

Selain itu, infeksi otitis media akut juga penyebabnya beraneka macam misalnya karena kondisi telinga yang terlalu lembab akibat keringat, lubang telinga tergores karena menggaruknya menggunakan jari tangan, membersihkan telinga terlalu kuat dengan cotton buds, menggunakan earbuds dengan volume terlalu kencang, atau kemasukan benda asing ke dalam lubang telinga, serta dapat timbul akibat penyakit kulit yang dapat menyerang lubang telinga seperti dermatitis dan psoriasis.

 

Gejala Otitis Eksterna

Orang yang menderita otitis eksterna akut akan mengalami gejala yang bertahap, mulai dari gejala ringan hingga pada tahap gejala yang berat apabila tidak ditangani dengan baik.

Gejala ringan penderita otitis eksterna yakni mengalami rasa gatal pada saluran telinga, di dalam telinga memerah, serta keluarnya cairan bening dan tidak berbau dari telinga.

Sedangkan gejala berat penderita otitis eksterna adalah demam, rasa gatal dan sakit menjadi lebih intens, warna merah pada telinga semakin meluas, rasa sakit hebat yang bisa menjalar ke wajah, leher, atau sisi kepala, muncul suatu benjolan pada leher atau sekitar telinga karena pembengkakan kelenjar getah bening, keluarnya cairan atau nanah dari saluran telinga, serta telinga terasa penuh, tersumbat, dan bengkak.

Baca Juga :  Penurunan Kemampuan Pendengaran dan Cara Menanganinya

 

Komplikasi Akibat Otitis Media

Apabila otitis media tidak segera mendapat penanganan dengan baik, dapat menyebabkan beberapa penyakit komplikasi yang serius:

  • Gangguan pendengaran bahkan hilangnya pendengaran
  • Infeksi jangka panjang (otitis eksterna kronis)
  • Infeksi menyebar ke tulang di sekeliling saluran telinga (necrotizing otitis externa)
  • Infeksi pada jaringan ikat dan lapisan di dalam kulit

 

Pengobatan Otitis Eksterna

tes pendengaran tangerang

Apabila mengalami beberapa gejala otitis eksterna seperti yang telah tersebut di atas maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk penanganannya, dokter akan terlebih dulu memeriksa kondisi di dalam telinga menggunakan alat teropong kecil berlampu yang disebut dengan otoskop. Kemudian dokter akan membersihkan saluran telinga pasien, agar obat tetes telinga dapat meresap ke seluruh area yang terinfeksi.

Anda bisa melakukan pengobatan secara mandiri menggunakan bahan-bahan alami yang bisa diperoleh dan lakukan dari rumah seperti:

  • Meneteskan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik, selama 7-14 hari.
  • Menggunakan campuran cuka dengan alkohol (harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apakah tindakan ini aman atau tidak)
  • Tetes bawang putih untuk telinga karena dalam bawang putih mengandung bakteri alami yang bisa membantu dalam mencegah otitis eksterna.
  • Terapi uap panas untuk mengurangi rasa sakit akibat otitis media.

Berbagai macam jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi otitis eksterna antara lain:

  • Kortikosteroid untuk mengatasi peradangan pada telinga.
  • Antibiotik atau antijamur tetes telinga untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus penyebab infeksi.
  • Obat tetes untuk mengembalikan kadar keasaman di bagian dalam telinga agar bakteri tidak dapat berkembang sehingga perkembangannya tertekan.
  • Obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, naproxen, dan paracetamol untuk meredakan rasa nyeri.
  • Antibiotik minum, apabila infeksi sudah berat dan menyerang kulit di sekitar telinga.
Baca Juga :  Macam-Macam Gangguan Pada Telinga

 

Pencegahan Otitis Eksterna

Namun Anda tak perlu khawatir akan terkena penyakit telinga tersebut apabila Anda menerapkan hidup bersih dan sehat. Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mencegah otitis eksterna, yakni:

  • Menggunakan pelindung telinga pada saat mandi atau berenang dengan tujuan agar air tidak masuk ke dalam saluran telinga.
  • Sebaiknya langsung mengeringkan telinga setelah mandi atau berenang menggunakan handuk atau kain halus.
  • Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum berenang, jika Anda baru saja sembuh dari infeksi telinga atau baru menjalani operasi telinga.
  • Jangan pernah memasukkan benda tajam seperti kapas, klip kertas, atau jepit rambut yang dapat menyebabkan lapisan liang telinga luka atau tergores. Benda-benda tersebut dapat mengiritasi kulit tipis di dalam telinga bahkan menghancurkan kulit.
  • Hindari juga kebiasaan menggaruk telinga bagian dalam dengan menggunakan jari untuk mencegah infeksi otitis eksterna.

 

Otitis eksterna merupakan salah satu penyakit telinga yang sangat mengganggu bahkan membuat pendengaran menjadi hilang. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan telinga kita agar senantiasa dapat berfungsi dengan baik. Apabila Anda merasakan adanya hal aneh atau gangguan pada telinga sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

AQM Hearing Center menyediakan jasa konsultasi masalah pendengaran dan akan dibantu oleh dokter profesional yang ahli di bidangnya. Selain itu AQM Hearing Center juga menjuga berbagai jmacam alat bantu dengar dengan berbagai spesifikasi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan budget dan kebutuhan.