Cara Aman Mengeluarkan Benda Asing di Telinga Anda

benda asing di telinga

Apakah anda pernah mengalami kemasukan benda asing? Berikut informasi mengeluarkan benda asing di telinga.

benda asing di telinga

Organ Pendengaran

Manusia dianugerahi organ pendengaran yaitu telinga. Telinga merupakan indera yang berfungsi untuk mendengar. Organ ini terdiri dari bagian-bagian luar, tengah, dan dalam yang memiliki fungsi dan tanggung jawab berkaitan. Telinga akan menerima impuls suara yang kemudian diteruskan menuju otak sehingga otak akan mengenali suara tersebut.

Organ pendengaran manusia ini sangatlah sensitif. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kesehatan telinga. Terlebih jangan sampai kemasukan benda asing karena dapat menyebabkan gangguan pendengaran tentunya akan mengganggu kita dalam beraktivitas sehari-hari.

Ketika di telinga atau organ pendengaran kemasukan benda asing, telinga akan merasakan rasa tidak nyaman bahkan terasa nyeri. Saat kemasukan benda tersebut inilah anda perlu mengeluarkannya dari dalam telinga. Proses mengeluarkannya pun harus berhati-hati. Jangan sampai malah membuat telinga anda menjadi terluka.

Berikut ini tips untuk anda mengeluarkan benda asing di telinga dengan aman. Simak penjelasan berikut ini dari aqm-hearingcenter.

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga

Telinga merupakan organ yang sangat mudah termasuki oleh sesuatu benda yang berukuran kecil. Benda tersebut yang masuk ke telinga meliputi hewan serangga, kapas ketika sedang mengorek telinga menggunakan cotton bud, mainan kecil yang biasanya terjadi pada anak-anak karena anak sering tidak sengaja memasukkan benda berukuran kecil ke dalam telingannya, kemasukan air ketika berenang, dan kemasukan benda-benda lainnya yang memiliki ukuran kecil.

Ketika mengalami kemasukan benda asing di telinga, telinga akan merasakan tidak nyaman. Biasanya telinga juga merasakan gejala seperti gatal, nyeri, mengalami gangguan pendengaran, infeksi, bahkan kehilangan pendengaran.

Beberapa gejala yang terjadi biasanya telinga akan terasa nyeri, telinga mengeluarkan darah, telinga tidak dapat mendengar dengan baik, telinga merasa teredam, telinga mengeluarkan cairan, telinga tampak merah atau bengkak, dan dapat mengalami demam.

Baca Juga :  Alat Bantu Dengar, Solusi untuk Gangguan Pendengaran

Saat telinga kemasukan benda yang seharusnya tidak masuk ke telinga, anda harus segera melakukan penanganan agar tidak memperburuk kondisi telinga. Berikut cara untuk mengeluarkan benda tersebut dari telinga.

1. Menghindari menggunakan alat

Saat mengalami kemasukan benda yang memiliki ukuran kecil pada telinga, sebisa mungkin anda menghindari untuk menggunakan alat untuk mengeluarkan benda tersebut. Hindari penggunaan cotton bud karena justru mendorong masuk ke saluran telinga lebih dalam. Selain itu, hindari pula menggunakan jari, korek api, dan jarum karena tindakan tersebut lebih beresiko melukai telinga. Penggunaan alat akan membuat benda yang masuk ke telinga seharusnya dikeluarkan terdorong ke dalam sehingga menimbulkan cedera pada telinga.

2. Mencoba memiringkan kepala

Ketika telinga kemasukan benda asing, tindakan paling awal adalah mencoba memiringkan kepala. Apabila benda tersebut tidak memiliki ukuran besar, benda yang terjebak pada telinga anda akan keluar dengan memiringkan kepala. Namun apabila benda sudah lengket dengan cairan telinga, anda dapat mengeluarkan dengan sendirinya bersama dengan kotoran telinga.

Perlu diketahui, jika benda asing ini tidak keluar dengan sendirinya bersamaan dengan kotoran telinga, coba lakukan memiringkan kepala dengan posisi lubang telinga yang kemasukan benda asing berada di sebelah bawah. Hal ini bertujuan agar gaya gravitasi membantu untuk benda asing terdorong keluar.

Ketika anda tidur, anda juga dapat memanfaatkan bantuan gravitasi untuk mengeluarkan benda asing. Anda perlu berbaring dengan pisisi sisi telinga yang kemasukan benda asing menghadap ke lantai.

Hal yang perlu dihindari adalah menggoyang-goyangkan kepala atau menepuk-nepuk karena dapat jadi gerakan seperti itu malah membuat benda tersebut semakin masuk ke bagian dalam telinga.

3. Melakukan cek telinga

Jika benda asing masih berada di bagian telinga luar anda mudah mengeluarkan. Untuk memastikan apakah benda asing masih di telinga bagian luar adalah dengan mengecek menggunakan senter kecil. Apabila benda tersebut terlihat jelas, tidak keras, serta mudah dijepit anda dapat menarik menggunakan pinset secara perlahan.

Baca Juga :  Tidak Disangka-Sangka, Terdapat Manfaat Mendengarkan Musik

Menggunakan pinset untuk mengeluarkan benda asing hada dapat dilakukan apabila benda asing masih berada di telinga bagian luar. Jika benda di bagian dalam sebaiknya anda tidak memanfaatkan pinset untuk mengeluarkannya.

4. Menggunakan minyak sejenis essential oil

Essential oil merupakan minyak yang hangat sehingga anda dapat mengeluarkan benda asing seperti serangga dari dalam telinga. Serangga merupakan hewan yang hidup apabila masuk ke dalam telinga akan berbahaya karena serangga dapat bergerak-gerak ketika berusaha dikeluarkan. Gerakan serangga inilah yang dapat masuk ke telinga bagian dalam.

Jika serangga masih bergerak tentunya dapat menyebabkan luka pada saluran telinga, untuk mengatasinya anda perlu meneteskan minyak hangat melalui lubang telinga untuk mematikan serangga sehingga anda dapat dengan mudah mengeluarkan serangga tersebut.

Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak ini hanya berlaku untuk cara mengeluarkan serangga dari dalam telinga, bukan benda asing lainnya.

5. Melakukan irigasi telinga

Kemasukan benda asing di telinga dapat anda keluarkan benda tersebut dengan tindakan irigasi telinga. Irigasi telinga dapat dilakukan menggunakan air hangat yang disemprotkan ke dalam telinga.

Melakukan irigasi telinga dapat membantu mengeluarkan benda asing dari dalam telinga, namun sebelum melakukan tindakan ini pastika bahwa gendang telinga anda dalam keadaan baik dan tidak berlubang. Apabila gendang telinga tidak pada keadaan baik, air yang dimasukkan ke dalam telinga akan menimbulkan resiko gangguan pendengaran seperti infeksi pada telinga bagian tengah.

6. Pemeriksaan ke dokter THT

Jika beberapa cara dan tips diatas telah dilakukan tidak membuat benda asing keluar, tindakan yang dapat dilakukan adalah penanganan oleh dokter. dokter THT akan membantu anda untuk mengeluarkan benda asing dan mengecek kondisi telinga anda apakah telinga cedera atau terdapat infeksi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Terbaik

Demikian informasi mengenai cara mengeluarkan benda asing di telinga. Semoga informasi ini dapat mempermudah anda untuk melakukan penanganan ketika telinga kemasukan benda asing. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan telinga anda.